Panlok 17 Siap Gelar CBT


Rabu, 18 Mei 2016 - 04:00:40 WIB
Panlok 17 Siap Gelar CBT

PADANG, HALUAN —Uni­versitas Andalas (Unand) me­n­ya­takan siap menggelar Se­leksi Bersama Masuk Per­gu­ruan Tinggi Negeri (SBM­PTN) 2016 Berbasis Kom­puter (BK) atau Computer Based Testing (CBT). Untuk SBMPTN 2016 ini Unand hanya menyediakan kuota un­tuk 50 orang saja.

Wakil Rektor I Unand Prof Dachriyanus kepada Haluan menyebutkan, hingga saat ini semua persiapan telah dila­kukan dan Unand siap untuk menggelar SBMPTN BK ini.

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan Padang Temukan 10 Sajam

“Kami juga telah mendapat kepercayaan dari pusat untuk menggelar SBMPTN BK ta­hun ini. Panitia pusat pun telah datang untuk menyurvei dan kami dinyatakan lulus,” kata Dachriyanus Selasa, (17/5) di Padang.

Ketika ditanya jumlah pen­daftar, Dachriyanus men­ye­butkan ia tidak tahu pasti datanya, karena sedang berada di luar kota. Menurutnya, pendaftar telah melebihi kuota, sayang yang bisa mengikuti hanya 50 orang.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Kota Padang Targetkan Vaksinasi untuk 700.000 Warga

Sebelumnya Rektor Uni­versitas An­dalas (Unand) Tafdil Husni men­ye­but­kan, pelak­sanaan CBT ini dilaku­kan di 30 universitas di seluruh Indonesia. Untuk Panitia Lokal (Panlok) 17 CBT tahun ini dilakukan di Unand yang di­nilai memiliki ke­leng­kapan fasilitas kom­puter yang memadai.

“Pelaksanaannya mirip de­ng­an UN berbasis kom­puter yang dilakukan di SMA/SMK kemarin. Tahun ini kita men­yedia­k­an 50 kuota untuk tahap perdana ini,” jelasnya saat jumpa pers SBMPTN 2016 di ruang pertemuan Unand be­berapa waktu lalu.

Baca Juga : Hendri Septa Ditunjuk Jadi Plt Wali Kota Padang

Wakil Re­k­tor I Uni­ver­sitas Negeri Padang (UNP) Agus Iria­nto menambahkan, CBT tahun ini merupakan awal bagi peru­bahan pela­k­sanaan SB­M­PTN. Apabila CBT ta­hun ini sukses digelar bukan tidak mungkin semua tes SBM­PTN pada tahun men­da­tang akan menggunakan CBT.

“Sebenarnya CBT ini sa­ng­at efisien, efektif dan satu lagi ini juga untuk me­ng­hindari dari perjokian yang selama ini ma­rak. Kita tentu akan terus ber­benah agar bisa CBT se­luruh­nya nanti. Tapi, untuk beberapa tahun ke depan kita masih akan Paper Based Tes­ting (PBT), ” ung­kap Agus Irianto.

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Targetkan Lansia dan Aparat Pelayan Publik

Menurut Agus, untuk CBT ini ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang me­ngam­bil Saintek dan Soshum. Sedangkan untuk campuran itu masih meng­gunakan PBT.

“Mungkin perlu kita per­te­gas CBT tahun ini me­mang kita batasi dahulu. Namun, di tahun depan akan kita tambah sesuai dengan kemampuan,” ungkapnya. (h/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]