Sumbar Siapkan 10 Ribu Ton Daging


Rabu, 18 Mei 2016 - 04:14:50 WIB
Sumbar Siapkan 10 Ribu Ton Daging Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Pemerintah Pro­vinsi Sumbar menyiapkan 10 ribu ton daging menjelang Ramadan. Stok ini dirasakan cukup untuk menyambut Ra­madan tahun 2016 ini.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi Sela­sa, (17/5) memastikan stok daging Sumbar untuk ramadhan dan lebaran aman. Seka­rang Sumbar memiliki stok 10 ribu ton daging.

Baca Juga : Tips Beli Rumah dengan KPR DP 0%? Kenali dulu Risiko Kebangkrutan Anda

Bahkan, katanya, stok daging Sumbar mencukupi hingga dua bulan kedepan tanpa masuknya daging dari luar. “Saat ini stok kita aman, karena sejumlah sapi siap potong sudah ada sekitar seribu ekor,” sebutnya.

Dikatakannya, jika diakumulasikan, kebutuhan daging Sumbar hanya sekitar 700 sampai 1.000 kg perhari. Jika dihitung berdasarkan jumlah ekor sapi, paling tidak hanya membutuhkan sekitar 10 ekor sapi/ hari. “Kalau sapi potong minimal berat daging rata-rata lebih dari 100 kg/ekor,” ujarnya.

Baca Juga : Gunakan Tiang Listrik Bright PLN Belasan Tahun, Jaringan TV Kabel Diputus

Dengan itu setidaknya dalam satu bulan hanya butuh sekitar  300 ekor sapi. Selain itu stok tersebut belum termasuk sapi ternak masyarakat yang dipelihara secara perorangan. Diungkapkannya, jumlah sapi tersebut sudah terdata dengan pasti. Bahkan, sapi tersebut sudah diberi nomor di masing-masing kandang.

“Saat untuk di dalam klaster binaan Pemprov di Payakumbuh dan Limapuluh Kota saja sudah sekitar 1.500 ekor, terdiri dari 150 klaster, masing-masing klaster  memiliki,10 ekor,”ungkapnya.

Baca Juga : Dari Cabai hingga Bawang, 4 Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Ini Turun Harga

Selain ditambah dengan klaster lainnya seperti di Solok, Pessel dan Padang Paria­man. Dengan itu, kebutuhan daging Sumbar masih terpenuhi oleh produksi lokal.

“Itu belum masuk sapi yang berada dalam kebun sawit, kalau di kebun sawit nanti keluarnya pada lebaran haji,”ujarnya.(h/ows)

Baca Juga : Terkait HUT Bank Nagari ke-59, Promo Kredit untuk Pegawai dan Pensiunan Berakhir 31 Maret

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]