Perkiraan KPU

Pilkada Payakumbuh Maksimal Lima Pasangan


Rabu, 18 Mei 2016 - 04:23:19 WIB
Pilkada Payakumbuh Maksimal Lima Pasangan Ilustrasi.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Untuk Pilkada Kota Paya­kum­buh 2017 mendatang, KPU se­tem­pat memperkirakan nantinya hanya terdapat lima pasangan calon Walikota dan Wakil Wali­kota. Perkiraan KPU tersebut, berdasarkan kondisi keter­wa­kilan partai politik di DPRD dan jumlah penduduk Kota Paya­kumbuh saat ini.

“Kita perkirakan nantinya akan ada lima pasangan ca­lon,”ucap Muhammad Khadafi Komisioner KPUKota Paya­kum­buh pada Selasa (17/5) kemarin. Kelima pasangan calon tersebut, terdiri dari empat  pasa­ngan dari koalisi partai dan satu pasangan dari perorangan.

Baca Juga : Ini Pesan Penting Gubernur Mahyeldi untuk Pembangunan Sumbar yang Kondusif

 Dijelaskan Khadafi, kondisi saat ini, di DPRD Kota Paya­kumbuh terdapat 25 kursi. Sesuai dengan peraturan KPU, syarat partai politik dalam pengusungan calon, harus 20 persen dari keterwakilan kursi di dewan.

“Kalau syarat pengusungan  20 persen, berarti partai politik harus memiliki 5 kursi  di dewan. Tetapi kondisi saat ini, tidak satupun partai politik yang memiliki 5 kursi di DPRD Paya­kumbuh. Sehingga, agar dapat dalam pengusungan pasangan calon, terpaksa partai politik bergabung dengan partai lain atau berkoalisi,”jelas Khadafi.

Baca Juga : Hingga Awal Maret, Capaian Vaksin Covid-19 Tahap Pertama di Sumbar 106,39%

 Seperti Partai Golkar 3 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, PKS 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, PAN 3 kursi, PPP 3 kursi, PBB 2 kursi, PDIP 2 kursi, Nasdem 2 kursi  dan  Partai Hanura 1 kursi. “Setelah diana­lisa, nantinya akan ada koalisi partai yang pas 5 kursi dan lebih dari 5 kursi. Sehingga di dapat hanya ada 4 pasangan calon dari partai koalisi ini,”tambahnya.

Sedangkan, untuk jalur per­orangan berasal  10 persen duku­ngan  dari 127 ribu penduduk Kota Payakumbuh. “Setidaknya, satu pasangan calon perorangan nantinya harus memiliki sekitar 12ribu dukungan.

Baca Juga : Dugaan Korupsi Hand Sanitizer, Polda Sumbar Terus Kumpulkan Saksi

 Untuk saat ini, KPU Kota Payakumbuh belum menda­patkan secara resmi total pendu­duk dari Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil. “Gambaran semetara penduduk Kota Paya­kumbuh sekitar 127ribu. Tetapi untuk angka pastinya nanti pada akhir Mei ini,”terangnya lagi.

Berdasarkan analisa total maksimal pasangan calon dalam Pilkada nanti, sehingga ber­dampak terhadap kebutuhan anggaran KPU untuk Pilkada. (h/ddg)

Baca Juga : Legislator dan Personel Sekwan Dharmasraya Divaksin Sinovac Dosis Kedua

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]