MT Sepakat Bisati, Satu-satunya MT Kaum Bapak di Padang Pariaman


Kamis, 19 Mei 2016 - 03:24:37 WIB
MT Sepakat Bisati, Satu-satunya MT Kaum Bapak di Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Selama ini majelis taklim (MT) identik dengan ibu-ibu, namun berbeda dengan yang ditemukan di Korong Bisati, Kenagarian Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, di mana terdapat majelis taklim beranggotakan kaum bapak dengan kegiatan rutin bersifat sosial, tahlilan serta doa yang digilir pelak­sanaan­nya di setiap rumah anggota.

Kepala Korong Bisati, Azwar Anas, kepada Haluan menyebutkan, di korong itu memang dibentuk majlis taklim kaum bapak, karena mencontoh pada majelis taklim kaum ibu yang bisa membuat kegiatan sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Jadi, kami bermusyawarah bersama alim ulama dan beberapa tokoh masyarakat, akhirnya kami sepakati mendirikan Majlis Taklim Bapak-bapak Bisati Sepakat,” ujar Azwar. Dijelaskannya, majelis taklim tersebut berdiri pada 2015 dan sudah beranggotakan 46 orang. Meskipun mayoritas anggota adalah warga Korong Bisati, tetap ada anggota majelis yang berasal dari korong serta nagari tetangga. “Bahkan ada anggota yang berasal dari kecamatan tetangga,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Majlis Taklim Bapak-bapak Bisati Sepakat, Aswir Tk Sidi Ibrahim, mengatakan, majelis tersebut banyak bergerak di bidang sosial dan memberikan pencerahan agama bagi semua anggota. “Meski terbilang masih sedikit, 46 orang, semua anggota tetap semangat untuk menghadiri acara,” ujar Aswir Tk Sidi Ibrahim, didampingi Sekretaris Taswir di RM Palak Atok milik Adrizal. Ditambahkannya, majelis taklim tersebut menggelar kegiatan rutin sekali dalam sebulan. Setiap anggota menjadi penye­lenggara kegiatan secara bergiliran di rumah masing-masing.

“Bagi tuan rumah hanya menyediakan makanan ringan dan minum saja. Setiap acara selalu diadakan tausiah, tahlilan serta doa, karena anggota majlis taklim itu memiliki ahli masing masing-masing, ada taungku, datuak, dokter, serta tokoh masya­rakat. Pada setiap pertemuan, masing-masing anggota memberikan materi sesuai dengan profesi dan keahliannya,” terangnya.  (h/bus)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]