KAN Pandai Sikek Masuk Enam Besar Sumbar


Kamis,19 Mei 2016 - 03:30:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
KAN Pandai Sikek Masuk Enam Besar Sumbar Tim penilai KAN terbaik tingkat provinsi meninjau KAN Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Tanah Datar, Selasa, (17/5). (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pandai Sikek Keca­matan X Koto Kabupaten Tanah Datar meraih prestasi membanggakan dengan ma­suk enam besar KAN Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dalam menentukan menjadi terbaik tingkat Su­matera Barat, tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat me­lakukan peninjauan ke Nagari Pandai Sikek, Selasa (17/5).

Tim penilai yang turun berjumlah sebanyak lima orang diketuai Buya Mas’oed Abidin, rombongan disambut Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Hardiman didampingi Camat Herison, Walinagari, ketua dan anggota KAN Pan­dai Sikek, SKPD dan ninik mamak serta tokoh ma­sya­rakat se Kecamatan X Koto.

Ketua KAN Pandai Sikek N. Dt. Tumangguang dalam sambutannya menyampaikan kebanggaan dan terima kasih atas kepercayaan, kerjasama dan kerja keras semua pihak di Nagari Pandai Sikek se­hingga prestasi menjadi enam terbaik tingkat Sumatera Ba­rat ini bisa dicapai. “Belum banyak yang mampu kita la­kukan, namun kita sudah diberi rahmat untuk mewakili Tanah Datar, mari secara bersama kita memberi dan menampilkan yang terbaik sehingga bisa menjadi terbaik di tingkat Sumatera Barat,” ujar N. Dt. Tumangguang.

Dikatakannya, KAN Pan­dai Sikek sudah melaksa­nakan administrasi dan kerjasama yang baik dengan perangkat nagari lainnya dalam mem­bangun nagari Pandai Sikek dan KAN Pandai Sikek mem­bentuk dewan juri yang ber­tugas menyelesaikan perma­salahan menyangkut sako dan pusako apabila terjadi dida­lam nagari, sehingga per­masalahan tidak sampai ke tingkat lebih tinggi dan apa­lagi ke jalur hukum, ujarnya.

Senada dengan itu, Wali­nagari Pandai Sikek Alfiar mengatakan bahwa semenjak KAN membentuk dewan juri, tugas bidang sako dan pusako ditangani langsung oleh KAN, sehingga tentu saja membantu pemerintah nagari dalam meng­hadapi permasalahan timbul dalam nagari khu­susnya di bidang adat, ujarnya. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,14 Mei 2018 - 20:47:17 WIB

    BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku

    BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku AGAM, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam siapkan tim kesiapsiagaan selama Pesta Nelayan berlangsung di sepanjang pantai Tiku. Sedikitnya satu unit perahu karet diturnkan sebagai alat monitor s.
  • Jumat,11 Mei 2018 - 11:26:41 WIB

    44 Kios Penampungan Pedagang Diserahkan ke Pemko

    44 Kios Penampungan Pedagang Diserahkan ke Pemko PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jelang rampungnya pembangunan Pasar Atas, Bukittinggi pascakebakaran tahun lalu, pemerintah setempat membangun kios penampungan bagi pedagang.Pada pelaksanaannya, Pemko Bukittinggi tak dibiarkan s.
  • Selasa,08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatiha.
  • Jumat,20 April 2018 - 11:47:24 WIB

    Royalti Batu Bara di Sawahlunto Diperkirakan Tembus Angka Rp14 M

    Royalti Batu Bara di Sawahlunto Diperkirakan Tembus Angka Rp14 M SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Penerimaan royalti batu bara bagi Kota Sawahlunto dipastikan mengalami kenaikan. Dari target Rp4,94 miliar yang ditargetkan, dalam kurun waktu triwulan pertama sudah mencapai Rp4,63 miliar..
  • Kamis,19 April 2018 - 11:10:37 WIB

    30 Petani Kopi Arabika di Kajai Disekolahkan

    30 Petani Kopi Arabika di Kajai Disekolahkan PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 30 orang petani kopi arabika Nagari Kajai mengikuti Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) selama 7 minggu di Jorong Timbu Abu, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat (Pas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM