KAN Pandai Sikek Masuk Enam Besar Sumbar


Kamis, 19 Mei 2016 - 03:30:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
KAN Pandai Sikek Masuk Enam Besar Sumbar Tim penilai KAN terbaik tingkat provinsi meninjau KAN Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Tanah Datar, Selasa, (17/5). (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pandai Sikek Keca­matan X Koto Kabupaten Tanah Datar meraih prestasi membanggakan dengan ma­suk enam besar KAN Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dalam menentukan menjadi terbaik tingkat Su­matera Barat, tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat me­lakukan peninjauan ke Nagari Pandai Sikek, Selasa (17/5).

Tim penilai yang turun berjumlah sebanyak lima orang diketuai Buya Mas’oed Abidin, rombongan disambut Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Hardiman didampingi Camat Herison, Walinagari, ketua dan anggota KAN Pan­dai Sikek, SKPD dan ninik mamak serta tokoh ma­sya­rakat se Kecamatan X Koto.

Ketua KAN Pandai Sikek N. Dt. Tumangguang dalam sambutannya menyampaikan kebanggaan dan terima kasih atas kepercayaan, kerjasama dan kerja keras semua pihak di Nagari Pandai Sikek se­hingga prestasi menjadi enam terbaik tingkat Sumatera Ba­rat ini bisa dicapai. “Belum banyak yang mampu kita la­kukan, namun kita sudah diberi rahmat untuk mewakili Tanah Datar, mari secara bersama kita memberi dan menampilkan yang terbaik sehingga bisa menjadi terbaik di tingkat Sumatera Barat,” ujar N. Dt. Tumangguang.

Dikatakannya, KAN Pan­dai Sikek sudah melaksa­nakan administrasi dan kerjasama yang baik dengan perangkat nagari lainnya dalam mem­bangun nagari Pandai Sikek dan KAN Pandai Sikek mem­bentuk dewan juri yang ber­tugas menyelesaikan perma­salahan menyangkut sako dan pusako apabila terjadi dida­lam nagari, sehingga per­masalahan tidak sampai ke tingkat lebih tinggi dan apa­lagi ke jalur hukum, ujarnya.

Senada dengan itu, Wali­nagari Pandai Sikek Alfiar mengatakan bahwa semenjak KAN membentuk dewan juri, tugas bidang sako dan pusako ditangani langsung oleh KAN, sehingga tentu saja membantu pemerintah nagari dalam meng­hadapi permasalahan timbul dalam nagari khu­susnya di bidang adat, ujarnya. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 16:47:27 WIB

    Ajak Mahasiswa Promosikan Wisata Mentawai, Desti Seminora : Sampaikan Kepada Dunia

    Ajak Mahasiswa Promosikan Wisata Mentawai, Desti Seminora : Sampaikan Kepada Dunia MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  (Disparpora) Mentawai, Desti Seminora, mengajak pemuda dan pemudi para Mahasiswa Mentawai yang saat menempuh pendidikan di luar Daerah untuk ikut be.
  • Senin, 23 Juli 2018 - 17:17:40 WIB

    Di Agam, Kecelakaan Disebabkan Kelalaian Pengendara

    Di Agam, Kecelakaan Disebabkan Kelalaian Pengendara AGAM, HARIANHALUAN.COM- Satlantas Polres Agam terus meningkatkan sosialiasasi dalam menekan kecelakaan lalu lintas. Sebab, sebagian besar kecelakaan disebabkan kelalaian pengguna kendaraan..
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 14:51:27 WIB

    FKPT Sumbar: Gerakan Antiradikalisme Harus Dimulai dari Nagari

    FKPT Sumbar: Gerakan Antiradikalisme Harus Dimulai dari Nagari PADANG, HARIANHALUAN.COM – Upaya pencegahan terorisme yang dimulai dari menurunkan tensi radikalisme (deradikalisme) yang tumbuh di sebagian masyarakat tidak bisa tidak kecuali dengan melakukan sebuah gerakan terpadu..
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:43:33 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Ingin Tertibkan Orgen Tunggal

    Pemkab Padang Pariaman Ingin Tertibkan Orgen Tunggal PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemkab Padang Pariaman akan menertibkan orgen tunggal dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penertiban Hiburan Orgen Tunggal. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Padang Par.
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:16:08 WIB

    Jaga Kelestarian Alam, Disparpora Padang Pariaman Libatkan Pokdwarwis

    Jaga Kelestarian Alam, Disparpora Padang Pariaman Libatkan Pokdwarwis PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padang Pariaman melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam membantu menjaga kelestarian alam. Hal ini merupakan terobosa.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM