Rp15,3 M Dana Pusat Digunakan untuk Normalisasi


Jumat, 20 Mei 2016 - 03:47:09 WIB

PASAMAN, HALUAN — Se­banyak Rp15,3 miliar dana pusat dikucurkan un­tuk me­normalisasi tiga su­ngai di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman. Dana tersebut, ber­sumber dari Kementerian PU dan Peru­mahan Rakyat.

Kepala BPBD Kabu­paten Pasaman, M. Sayuti Pohan mengatakan, nor­malisasi tiga sungai itu akan dikerjakan pada bulan ini. Kegiatannya, kata Pohan, berada di bawah penga­wasan Balai

Wilayah Sungai Sumatra V.

“Pekerjaan akan dimulai dalam waktu dekat. Ke­men­trian PUPR sudah me­nyetujui dana bencana ter­sebut dialo­kasikan ke Pasaman,” kata Pohan.

Pohan menjelaskan tiga sungai yang akan dinor­ma­lisasi dengan dana bela­san miliar itu, adalah sungai Ba­tang rambah, Sungai Lam­bak dan Sungai Lundar.

“Ketiga sungai itu bera­da di Kecamatan Panti, dan su­dah mengalami pendang­ka­lan. Jadi, setiap musim peng­hujan selalu menye­babkan banjir,” ujar ayah dua anak ini.

Dengan adanya program normalisasi sungai tersebut, kata dia, sebanyak 700 unit rumah penduduk ditiga kam­pung, yakni Jorong Lun­dar, Lambak dan Air Rambah akan terbebas dari bencana banjir.

“Saat ini tiga kampung tersebut terancam akan ban­jir susulan pasca dihantam banjir beberapa waktu lalu. Kalau curah hujan sudah tinggi, warga merasa resah dan gelisahtakut akan ter­jadi banjir,” katanya.

Sebelumnya, puluhan ru­mah warga di Jorong Lam­bak rusak berat, sedang dan ri­ngan akibat  dihan­tam banjir bandang. Hingga saat ini masih ada juga war­ga Lambak yang mengungsi di rumah keluarganya, ka­rena rumah­nya hancur di­han­tam banjir. (h/yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]