Antisipasi Kekerasan Perempuan dan Anak

Kesbangpol Pasaman Perkuat Komunikasi


Jumat, 20 Mei 2016 - 03:50:06 WIB

PASAMAN, HALUAN — Kan­tor Kesatuan Bangsa dan Po­litik (Kesbangpol) Pa­sa­man akan mengambil lang­kah stra­tegis untuk meng­an­tisi­pasi terjadinya potensi kon­flik dan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di tengah-tengah masyarakat.

“Salah satu langkah stra­tegis itu, yakni memperkuat komunikasi dengan forum-forum yang ada di Kabupaten Pasaman serta organisasi ke­masyarakatan dan media,” kata Kepala Kesbangpol Pasa­man, Alim Bazar, kemarin.

Saat ini, lanjutnya, be­berapa permasalahan yang kerap dihadapi oleh bangsa adalah nilai-nilai agama dan sosial budaya yang tidak lagi dijadikan sebagai sumber etika dalam kehidupan ber­bangsa dan bernegara.

Bahkan, kata dia, Pan­casila sebagai ideologi Negara juga telah mulai ditafsirkan oleh sebagian anak bangsa secara sepihak. Kemudian, kata dia,  pelaksanaan dan penerapan hukum, juga telah dijadikan sebagai alat ke­kuasaan serta sering disele­wengkan.

“Hal-hal tersebut jika ti­dak dikelola dan disikapi dengan baik, tentu akan dapat menumbuhkan kejahatan dan kekerasan kemanusiaan se­perti perkosaan, pembu­nu­han, intimidasi, penyebaran kebencian terhadap pero­rangan maupun kelompok masyarakat,” ujarnya. 

Alim menyebut di Ka­bupaten Pasaman, terdapat kemajemukan suku, ras, aga­ma kebudayaan dan lain lain. “Konflik sosial rentan  ter­jadi di Pasaman karena kema­jemukan tersebut. Tapi itu dapat terhindar berkat tole­ransi dan kerukunan antar umat beragama,” ujarnya. (h/yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 17:10:12 WIB

    Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel

    Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Tim Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba (TFP2N) menggelar sosialisasi pencegahan narkoba ke 15 sekolah yang ada di daerah itu..
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:31:49 WIB

    Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN

    Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN BUKITTINGGI, HALU­AN — Tingginya angka pe­ng­guna narkotika di Sumbar, menjadi perhatian yang serius bagi Pemrov Sumbar dalam menanggulangi bahaya pen­yalah­gunaan dan peredaran gelap narkoba..
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:01:25 WIB

    Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham

    Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham PASAMAN, HALUAN — Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pa­saman, implementasikan Ren­cana Aksi Nasional Hak Asasi Ma­nusia (Ranham) dalam me­laksanakan prog­ram dan ke­giatannya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]