Ratu Anita Soviah, Desainer Kesultanan Palembang


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:26:29 WIB
Ratu Anita Soviah, Desainer Kesultanan Palembang Hj. Ratu Anita Soviah.

Diantara deretan desainer ternama yang ikut dalam ajang “Minangkabau Fashion Festival 2016” pada 23-25 Mei 2016, ada sosok cantik Hj. Ratu Anita Soviah yang ikut ambil bagian.

Ratu ternyata adalah istri dari Sultan Palembang, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin yang juga Ketua Umum Yayasan Raja Sultan Nusantara (Yarasutra).

Baca Juga : Sempat Kritis Kena Covid-19, Raditya Oloan Suami Joanna Alexandra Meninggal Dunia

Suami dari wanita cantik ke­lahiran Jakarta 25 Mei 1977 ter­sebut adalah keturunan dari tiga sultan yang pernah berkuasa di Palembang.

“Biasanya suami saya jarang ikut, tapi pas saya ada acara di Padang, suami saya menyusul,” ujar Ratu yang tampak bahagia menyambut kedatangan suaminya.

Baca Juga : Puncak Penghargaan AMI Award Segera Digelar, Berikut Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Ratu mengaku mendesain sen­diri pakaian untuk sang suami dan keluarga besarnya. “Iya, untuk di­pakai sendiri dan keluarga kesul­tanan, saya yang desain sendiri,” katanya.

Meskipun lahir di Jakarta dan bersuamikan Sultan Palembang, namun ditambahkan pemilik Bu­tik Lentera di Jl. Bedil No 761 Sekip Ujung Palembang ini, ia juga ada keturunan Minang.

“Kakek saya dari Bukittinggi, tapi saya belum pernah ke sini. Tapi Ibu Lisda, istri Bupati Pessel sahabat lama saya, besok mengajak jalan-jalan ke Painan, “ cerita Ratu antusias.

Tampil di ajang Minangkabau Fashion Festival, Ratu me­nam­pilkan delapan koleksi Jumputan Palembang yang bertemakan “Mus­limah Etnik Casual”.

“Biasanya kebanyakan tema desain saya itu baju pesta, tapi sekarang temanya santai tapi gla­mour,” tutur pencinta warna hitam tersebut.

Ia mengaku hanya butuh dua minggu untuk mempersiapkan koleksi busananya yang dido­minasi warna tanah dan modifikasi warna-warna polos.

Dengan mengikuti ajang seperti ini ini, Ratu ingin memperkenalkan kain tra­disional Palembang, tak hanya di ajang nasional namun juga ke luar negeri.

“Kita di Pa­lem­bang yang terkenal Songketnya dan itu sangat bernilai ting­gi. Harus kita har­gai jangan sam­pai punah. Sebagai de­sainer Pa­lem­bang, saya pe­duli akan itu,” pungkasnya.

Tak puas h­a­­nya ber­pa­rade di dalam negeri, Ratu punya mimpi yang lebih luas untuk pa­rade busana ke­li­ling ne­ga­ra-ne­gara Is­lam se­perti Bru­nei, Ma­­laysia dan lain­­nya. (h/ita)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]