Harga Karet Kembali Anjlok


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:31:07 WIB
Harga Karet Kembali Anjlok Ilustrasi.

TELUK KUANTAN, HALUAN — Naiknya harga karet tidak berlangsung lama, dalam kurun waktu beberapa minggu, harga karet di tingkat petani kembali anjlok turun ke level Rp7 ribu per­kilogram.

“Beberapa minggu lalu hampir men­capai Rp8 ribu perkilo, tapi Minggu ini kembali turun, hanya dibeli Rp7 ribu perkilo,” ujar Udin toke karet asal Kari, Kecamatan Kuantan Tengah kepada Haluan Riau, Sabtu (22/5).

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

Harga karet tersebut, ujarnya, meru­pakan karet yang memiliki kualitas bagus. “Kalau kurang bagus, biasanya itu diatas Rp6 ribu perkilo,” katanya.

Belum diketahui apa yang me­nyebabkan harga karet ini anjlok lagi, padahal sudah mau mencapai Rp8 ribu perkilo. Selaku toke, ujar Udin, tentunya harga karet ini disesuaikan dengan harga pabrik.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

“Kalau har­ganya di pabrik turun, tentunya karet petani yang kita beli juga turun harganya,” ujarnya.

Sementara Iyon, yang sehari-hari me­nyadap karet mengakui, turunnya harga karet ini sangat mem­pe­ngaruhi pen­dapat­kan petani yang semata-mata bergantung akan hasil karet. “Keinginan kita, harga karet diatas Rp10 ribu, baru petani karet bisa tenang dan kebutuhan sehari-hari bisa tercukupi, kalau masih dibawah Rp10 ribu tidak pas-pasan lagi, malah tidak cukup,” ungkapnya. (h/hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]