Perindagkopnaker Pantau Harga Bahan Pokok


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:31:52 WIB
Perindagkopnaker Pantau Harga Bahan Pokok

SAWAHLUNTO, HALUAN — Men­jelang masuknya bulan suci Ramadan 1437 Hij­riyah, Pemerintah Kota Sawahlunto terus melakukan peman­tauan terhadap fluktuasi harga sem­bako dan kebutuhan lainnya. Jika ada pergerakkan naik hingga 20 persen, Perindagkopnaker akan melakukan bebe­rapa langkah strategis salah satunya Ope­rasi Pasar (OP) di se­jumlah pasar tradisonal di kota ini.

Kepala Bidang Perdagangan Di­nas Perindagkopnaker Sawahlunto Gustav mengatakan, dari pantau hingga saat ini, fluktuasi harga kebu­tuhan pokok masih dalam kewajaran, dan pihaknya akan terus melakukan pemantauan untuk meng­antisipasi terjadinya lonjakkan yang sangat signifikan.

Baca Juga : Khairunas Inginkan RSUD Solok Selatan Berikan Inovasi Pelayanan dan Tingkatkan Kebersihan

Berkaca dari pengalaman setiap ta­hunnya, pergerakkan harga akan mengalami kenaikan seminggu atau beberapa hari menjelang ramadhan, namun untuk me­redakannya pihak Perindakopnaker akan menggelar operasi pasar disejumlah pasar yang ada. “Selain itu kita juga menghimbau kepada seluruh pedagang dan pelaku pasar agar tidak mengambil keun­tungan yang berlebih dengan me­numpuk barang. Hal itu penting dilakukan agar gejolak harga bisa diredam karena jumlah kebutuhan tetap ada dan terpenuhi,” katanya.

Hal itu juga berguna untuk mem­persempit ruang gerak para spekulan yang biasanya merugikan konsumen akibat kenaikan harga yang tidak wajar.Kepada warga konsumen di­imbau agar tetap bijak dalam ber­belanja dengan mendahulukan barang yang penting serta tetap berbelanja tidak melebihi dari kebutuhan bia­sanya. (h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]