Padi Gadang Rumpun Masuk Tahap Uji Mutu


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:33:05 WIB
Padi Gadang Rumpun Masuk Tahap Uji Mutu

SAWAHLUNTO, HALUAN — Setelah lulus uji adaptasi musim tanam, varietas lokal Padi Gadang Rumpun, saat ini tengah menunggu tahapan uji mutu dan ketahanan terhadap hama penyakit dengan 7 varietas pembanding yang dilaksanakan di Balai Penelitian Padi Suka Mandi Bogor.

Tahapan ini merupakan bagian dalam menjadikan varietas Padi Gadang Rum­pun sebagai bibit unggul ber­label.

Baca Juga : Khairunas Inginkan RSUD Solok Selatan Berikan Inovasi Pelayanan dan Tingkatkan Kebersihan

“Tahapan sebelumnya kita telah melakukan uji coba rasa yang diteruskan dengan uji coba adaptasi musim tanam yang telah dilakukan se­menjak 2013 lalu, tinggal selangkah lagi setelah uji mutu dan ke­tahanan hama itu, padi lokal Sawahlunto Ga­dang Rum­pun akan men­jadi bibit unggul berlabel,” kata Kabid tanaman Pangan dan Hol­tikultura Dinas Per­ta­nian dan Kehutanan Sa­wahlunto, Heni Purwa­ning­sih kepada Haluan, Senin (21/5).

Namun kendala saat ini, kendati hampir rampung se­muanya, pihaknya masih me­nunggu kesiapan dari Balai penelitian Padi Suka Mandi Bogor, dimana untuk uji ter­sebut kita telah booking se­menjak Januari lalu. Jika hasil uji Mutu itu rampung, sebut Heni, maka akan dise­mi­nar­kan oleh kepala daerah ke­pada mentri pertanian, se­lanjutnya baru mendapat pengakuan sebagai varietas bibit unggul berlabel dan dilepas dipasaran.

Baca Juga : Pemkab Solok Selatan Usulkan Arah Kebijakan pada Musrenbang RPJMD Sumbar

Sementara itu salah satu kelompok tani yak­ni ke­lom­pok tani Guguak Pauah Desa Kubang tangah Kecamatan Lembah Segar mengakui ter­jadi peningkatan hasil panen menggunakan bibit benih padi gadang rumpun. Jumlah panen meningkat hingga 8,6 ton per hektare yang biasanya dengan benih varietas lain hanya mampu mencapai 6 ton per hektare.

Ketua Keltan Guguak Pa­uh Jamhur menyebutkan, ken­dati sempat terserang hama hasil panen varietas gadang rumpun ini cukup meng­gem­birakan hingga 290 bulir per­tangkainya. (h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]