SMAN 3 Tampilkan Seni Budaya di Surabaya


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:33:48 WIB
SMAN 3 Tampilkan Seni Budaya di Surabaya KEPALA SMAN 5 Surabaya menerima cenderamata dari Sawahlunto. (HUMAS)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Tidak hanya meninjau pe­nge­lolaan pendidikan, kunjungan ke SMA Negeri 5 Surabaya Jawa Timur, juga dimanfaatkan rom­bongan SMA Negeri 3 Sawah­lunto memperkenalkan budaya Sawahlunto.

Berjarak lebih dari 2 ribu kilometer dari Kota Sawahlunto, pelajar SMA Negeri 3 Sawahlunto melakukan pertunjukan tari pi­ring, kesenian silat, dan paduan suara dengan melantunkan tem­bang khas Kota Sawahlunto.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

“Kunjungan ke SMAN 5 Sura­baya ini juga mengemban misi budaya, memperkenalkan Sawah­lunto di sekolah yang dituju,” ujar Kepala SMAN 3 Sawahlunto, Firman kepada Haluan.

Menurut Firman, pertunjukan dilakukan langsung para siswa SMAN 3 Sawahlunto, hasil dari latihan dalam program kegiatan ekstra kurikuler, yang diikuti siswa selama ini di sekolahnya. Terkait program SMAN 5 Surabaya, ba­pak dua anak itu mengaku tertarik dengan program literasi buku.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Program literasi buku yang dilakukan SMAN 5 Surabaya bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan wawasan setiap pelajar, khususnya dalam meng­konsumsi buku-buku non pe­lajaran.

Dimana, para pelajar dituntut membaca, membuat resume bu­ku, dengan target puluhan buku bisa dibaca setiap pelajar setiap tahunnya. Tujuan akhirnya, tetap saja untuk meningkatkan prestasi dari pelajar sendiri.

Sebab, membaca merupakan kunci dari semua prestasi, dalam meningkatkan pengetahuan, wa­wasan serta menambah ilmu itu sendiri.

Selain itu, budaya membaca yang dilakukan di SMAN 5 Sura­baya juga mampu menghadirkan pustaka-pustaka mini di setiap ruang kelas dan sudut sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sawah­lunto, Marwan M.Pd menga­takan, prohgrak literasi buku sangat bermanfaat dalam menum­buhkembangkan budaya mem­baca di tengah generasi muda, khususnya pelajar.

“Dengan program literasi buku, motivasi membaca pelajar akan jauh meningkat. Jika mem­baca sudah menjadi budaya, diya­kini segala prestasi akan mengi­kuti pelajar maupun sekolah itu sendiri,” ujar Marwan.

Marwan mengungkapkan, mes­ki dalam beberapa bulan ke depan, pengelolaan SMA dan SMK tidak lagi menjadi we­we­nang pemerintah kota, namun upaya untuk mendorong pening­katkan mutu dan lulusan. (h/swl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]