Puncak Polan Punya Koleksi Rusa


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:35:34 WIB
Puncak Polan Punya Koleksi Rusa Pengunjung memberi makan koleksi rusa Puncak Polan. (RIKI)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Selain menyuguhkan pe­man­dangan eksotis kota tua Sawahlunto, kawasan pun­cak Sugar yang dikenal de­ngan sebutan Puncak Po­land ini juga memiliki ko­leksi rusa yang bisa diberi makan oleh para pengun­jung.

Awalnya, pemilik rusa tersebut yakni Amri Jamil, tidak berniat terlalu meng­ekspos keberadaan binatang peliharaanya itu, karena dia merasa akan sangat ber­bahaya jika banyak pengun­jung yang menggunakan mobil datang kemari, sebab jalan menuju kelokasi ter­bilang rawan.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

“Saat sekarang biarlah seperti ini saja dahulu, jika jalannya sudah diperbaiki dan mulus lagi, barulah kita akan mengekspos kebera­daan rusa itu, sehingga da­pat memuaskan para pe­ngun­jung yang datang,” katanya.

Amri mengakui, rusa itu merupakan pemberian ker­a­batnya dari Payakumbuh berjumlah empat ekor, satu betina dan tiga ekor jantan. Namun sekarang telah bera­nak bertambah satu ekor rusa jantan. Sebenarnya lanjut Amri, kawasan pun­cak polan ini akan di­kem­bangkan menjadi daerah agro wisata, mamanfaatkan luas lahan yang saat ini banyak ditanami oleh tana­man perkebunan seperti karet, sawit, ubi dan tana­man lainnya dan kese­mu­anya itu akan dipadukan dengan keindahan alam puncak Polan yang dari dahulu telah dikenal sebagai tempat wisata perkemahan.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

“Bermodalkan ke­leng­kapan sarana dan prasaran termasuk koleksi rusa yang dimiliki, kita yakin Puncak Polan akan lebih dikenal lagi tidak saja sebagai lokasi paralayang namun juga se­bagai wisata edukasi dan agro wisata yang bisa me­manjakan setiap pengun­jung yang datang,” ung­kapnya. (h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]