RAT Acuan Maju Mundurnya Koperasi


Selasa, 24 Mei 2016 - 04:36:12 WIB
RAT Acuan Maju Mundurnya Koperasi

Arosuka, Haluan — Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan bagian penting dalam perjalanan sebuah koperasi. Pelaksanaan RAT itu sekaligus membuktikan keaktifan sebuah koperasi dalam menjalankan kegiatan perkoperasian mulai dari usaha, administrasi dan laporan keuangan serta kegiatan anggotanya.

Namun hingga pertengahan 2016 ini, dari 162 Koperasi aktif di daerah itu dan terdaftar di Diskoperindag dan UKM setempat, baru 82 koperasi yang telah melakukan RAT. “Kita telah menyurati koperasi lainnya yang belum melakukan RAT agar segera melakukan RAT sampai batas penerimaan laporan pada Juni 2016 karena ini adalah kewajiban yang harus dilalui oleh setiap koperasi,” kata kepala Dinas Koperindag dan UKM  Kabupaten Solok Harwendi, Minggu, (22/5).

Baca Juga : Begini Cara SEML Merawat Keakraban Jelang Berbuka Puasa

Harwendi menyebutkan, Berdasarkan data yang ada, jumlah koperasi yang aktif di daerah ini mencapai 162 badan usaha dan tersebar di 14 kecamatan dan 74 Nagari. Sementara koperasi yang tidak aktif tercatat sebanyak 80 unit. Pihaknya berharap dengan melakukan pendataan dan pengawasan secara intensife terhadap aktifitas koperasi, setidaknya dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam menyiapkan program berikutnya. “Koperasi adalah salah satu basis perekonomian masyarakat, banyak bantuan pemerintah yang disandingkan pelaksanaannya dengan program koperasi,” jelas Harwendi.

Menurutnya, dinamika perkembangan dunia usaha ke depan menuntut pelaku usaha memiliki daya saing. Terlebih mema­suki era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), persaingan tak hanya menyangkut kwaliotas produk, namun juga terkait dengan SDM yang dimiliki oleh tanaga kerja. “Melalui prog­ram yang ada, selain untuk meningkatkan efektivitas pemberdayaan koperasi, juga untuk memacu produktivitas usaha koperasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya. (h/ndi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]