Jalan Sandang Pangan Kembali Akan Dilalui Kendaraan


Kamis, 26 Mei 2016 - 05:28:35 WIB
Jalan Sandang Pangan Kembali Akan Dilalui Kendaraan

PADANG, HALUAN — Jalan sandang Pangan Pasar Raya Padang yang pasacagempa 2009 dipenuhi oleh pedagang, saat ini separuhnya sudah ko­song karena pedagang daging telah dipindahkan ke Inpres II lantai 2.

Area ini rencananya akan dibuka kembali dan dijadikan jalan kendaraan seperti sedia kala.

Baca Juga : Temui Mantan Wawako Padang Yusman Kasim, Hendri Septa Bicarakan Hal Ini

Dinas Pasar Padang bersa­ma Dinas Pekerjaan Umum (PU) Padang dan Dinas Per­hubungan Padang akan mela­kukan beberapa tahapan untuk bisa kembali membuka jalan tersebut supaya bisa dilalui kendaraan.

Kepala Dinas Kota Padang Endrizal pada Saluan, Rabu (25/5) menyampaikan telah melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang yang berada di Sandang Pangan.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

“Kita sudah sosialisasikan kepada pedagang dan Alham­dulillah pedagang yang berada di area Sandang Pangan siap dengan pergeseran serta pe­min­dahan untuk pembukaan jalan tersebut.

Kemudian, untuk pedagang daging yang berada di sana juga sudah 100 persen pindah. Ar­tinya, hanya separuh dari pe­dagang di sana yang akan ditata kembali,” terangnya.

Dikatakan Endrizal, dalam pembebasan area tersebut dari pedagang, petugas Dinas Pasar butuh waktu sekitar dua hari saja. Namun setelah itu harus langsung dikerjakan pihak PU agar pedagang yang digeser ataupun yang dipindahkan tidak kembali menempati area tersebut.

“Dinas Pasar siap saja untuk membebaskan, namun harus langsung dikerjakan jika tidak pedagang akan kembali masuk. Jadi kita tinggal menunggu intruksi dari PU saja kapan akan dikerjakan, jika sudah final waktunya maka area terse­but sekitar enam meter siap kosong dari pedagang,” lanjut Endrizal.

Ditambahkannya lagi, pe­da­gang di kawasan tersebut nantinya akan dipindahkan ke Inpres II dan Inpres I yang masih kosong. Kemudian jika memungkinkan, sebelum In­pres III selesai maka ada ped­­a­gang yang ditata saja atau digeser ke belakang.

Ia juga berharap, pada Ra­madan ini jalan sandang pa­ngan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan. Selain bisa mengurai kemacetan, tempat tersebut juga bisa berfungsi seperti sedia kala.

 “Harapan kita bulan puasa ini sudah selesai dan untuk rute kendaraan mana yang bisa melewati kita serahkan nanti ke perhubungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bi­dang Cipta Karya Dinas PU Padang Fadelan Fitra Masta membenarkan bahwa area ja­lan tersebut akan dikerjalan oleh PU Padang. Namun, hing­ga saat ini sedang dalam pem­bahasan dengan pihak ketiga atau investor.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini. Untuk pastinya sedang dalam pembahasan de­ngan investor,” katanya. (h/win)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]