Porkab Solsel Pertandingkan 17 Cabor


Jumat, 27 Mei 2016 - 03:31:14 WIB
Porkab Solsel Pertandingkan 17 Cabor KETUA KONI Solsel, Mario Syahjohan menyerahkan piala bergilir Porkab Solsel sebagai ditandainya pembukaan, Rabu, (25/5). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Solok Selatan (Solsel) ke-VII ditabuh pada Rabu, (25/5) di Kecamatan Sangir Jujuan. Acara langsung dibuka Bupati Solsel, Muzni Zakaria.

Porkab kali ini mem­per­tandingkan 17 cabang olahraga (cabor), dari tujuh kecamatan yang ada di Solsel melibatkan 652 atlet, 185 pelatih, 175 wasit, sehingga semua yang terlibat baik official dan pa­nitia berjumlah 1.263 orang. Porkab berlangsung dari 25- 29 Mei 2016.

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solsel, Mario Syahjohan dalam sambutanya menyampaikan jika di Sumatera Barat dari 19 kabupaten/kota yang ada, Sol­sel satu-satunya daerah yang rutin tiap tahun menggelar Porkab. Selain itu, para juara di masing cabor akan dikirim untuk tingkat provinsi Sumbar. “Sehingga ada Kabupaten lain di Sumbar yang belajar ke KONI Solsel. Ke­berhasilan itu tak terlepas dari peran dan dukungan Pemkab Solsel serta kekompakan tiap Koordinator Olahraga Keca­matan,” ka­tanya.

Ia menambahkan, per­helatan Porkab tiap tahun digilir disetiap kecamatab sebagai tuan rumah penyelenggara. Tahun 2014 di Sangir, 2015 di Sungai Pagu dan porkab tahun ini di Kecamatan Sangir Jujuan. “Un­tuk Porkab 2017 akan kita bi­carakan setelah selesai Porkab ke-VII ini,”tambahnya.

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zakaria menyatakan rasa bangga terhadap KONI yang mampu menggelar Por­kab dengan sukses tiap tahun. “Olahraga merupakan alat pemersatu dan mampu meng­harumkan nama daerah dan bangsa karena prestasi yang diraih. Indonesia terkenal juga karena olahraga bad­min­ton,”sebutnya.

Ia mengharapkan setiap atlet dan wasit menjunjung ting­gi nilai sportivitas. Ke­mudian, katanya, terus ting­kat­kan prestasi. “Bagaimana tek­nisnya saya serahkan pada pe­mangku olahraga, disamping alat pemersatu juga diha­rap­kan melahirkan para atlet hebat karena berani olahraga itu hebat,”tandasnya.

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Pada pembukaan Porkab langsung dipertandingkan ca­bor Persatuan Olahraga Se­pa­tu Roda Indonesia (Porserosi) memperebutkan nomor 50 meter, 150 meter dan 250 meter. (h/jef)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]