Pasaman Komit Waspadai Paham Komunis


Jumat, 27 Mei 2016 - 03:32:01 WIB
Pasaman Komit Waspadai Paham Komunis

PASAMAN, HALUAN—Tidak hanya di daerah lain, penolakan terhadap paham komunis juga terjadi di ranah Pasaman. Penolakan datang dari mahasiswa dan pelajar serta tokoh masyarakat di daerah itu.

Itu ditandai dengan dipajangnya span­duk sepanjang sepuluh meter yang ber­tuliskan “NKRI Harga Mati, Katakan Tidak Pada Ideologi Komunis”.

Baca Juga : Begini Cara SEML Merawat Keakraban Jelang Berbuka Puasa

Spanduk itu, dipajang tepat disaat peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 di halam Kantor Bupati Pasaman. 

Terkait penolakan itu, Kapolres Pasa­man, AKBP Reko Indro Sasongko me­nyebut mahasiswa dan semua pelajar di Pasaman dari berbagai sekolah beserta masyarakat, jelas-jelas menolak paham komunis di Pasaman. “Mereka itu generasi muda kita, dan mereka menolak paham komunis,” ujarnya.

Baca Juga : DPC PPDI Padang Panjang Adakan Program Sosial Peduli Disabilitas

Untuk menindaklanjuti penolakan itu, dia mengaku akan berkoordinasi dengan pihak kejaksaan dan Pemkab Pasaman terkait isu paham komunis tersebut.

“Menurut saya paham komunis ini sangat berbahaya dan bisa mempengaruhi Kantibmas di Pasaman. Jadi perlu disikapi dengan persuasif dan kehati-hatian,” ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa paham komunis ini bisa membuat perselisihan pendapat dan berujung kepada konflik serta unjuk rasa nantinya.

Untuk itu, Mantan Kapolres Kepulauan Mentawai ini mengajak masyarakat untuk pro aktif mengawasi paham komunis di lingkungannya masing-masing.

Dia menambahkan, di Nusantara ini sudah mulai isu paham komunis bermun­culan. Mulai dari beredarnya kaos ber­gambar palu dan arit serta lainnya.

“Mari kita bersama-sama mengawasi paham komunis, jangan sampai kita lengah, meskipun paham komunis itu belum terlihat di tengah-tengah masyarakat Pasaman,” katanya. 

Dari penyelidikan sementara, Reko menyebut bahwa di Pasaman belum ada ditemukan atribut dan baju serta buku-buku paham komunis.

“Jika ada masyarakat yang mene­mukannya, segera laporkan ke kantor polisi terdekat,” harapnya. (h/yud)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]