Pemkab Pasaman Siapkan Rp480 Juta untuk TdS


Jumat, 27 Mei 2016 - 03:33:08 WIB
Pemkab Pasaman Siapkan Rp480 Juta untuk TdS

PASAMAN, HALUAN — Suk­seskan penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Pasaman, menyiapkan dana sebesar Rp480 juta.

Kepala Dinas Pemuda Olah­raga, Budaya dan Pa­riwisata, Hendri mengatakan, pada iven TdS nanti Pemkab Pasaman akan menampilkan berbagai kesenian, bazar UKM, dan pasar malam sela­ma empat hari.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

“Tiga item ini yang besar dananya untuk menyukseskan TdS 2016 yakni sekitar Rp350 juta. Sementara dana untuk disetor ke panitia TdS di Kementrian Pariwisata RI hanya Rp50 juta,” sebutnya menambahkan nantinya iven ini membutuhkan personil keamanan sebanyak 400 orang.

Ia menjelaskan, dalam etape tiga nanti titik star berada Kabupaten Pasaman tepatnya di lokasi objek wisata Museum Tuanku Imam Bon­jol. Sementara  finish masih di Simpangampek, Pasaman Ba­rat.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

“Finishnya di depan kan­tor Bupati Pasaman Barat di Simpang Empat,” katanya.

Tahun ini, kata dia, Kabu­paten Pasaman mendapat jatah etape tiga pada iven Tour de Singkarak (TdS) 2016 se­bagai lokasi start.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Menurutnya, jalan di Pasa­man saat ini sudah layak untuk dilintasi pebalap nantinya. Kini pihaknya tengah mem­persiapkan panitia.

“Jika pun rusak, hanya berlubang sedikit dan siap untuk ditambal sulam. Kita akan berkoordinasi dengan pihak PU,” katanya.

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

Ia berharap, iven TdS bisa meningkatkan kunjungan wisa­tawan ke Pasaman.

Sebab nantinya pebalap akan melalui sejumlah objek wisata yang ada di Pasaman, seperti objek wisata air panas Rimbo Panti di Panti dan objek wisata museum Tuanku Imam Bonjol dan lainnya. (h/yud)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]