Tahun Ini

Kantor Pertanahan Optimis Bisa Terbitkan 1.200 Sertifikat


Jumat, 27 Mei 2016 - 03:33:50 WIB

PASAMAN, HALUAN — Kantor Pertanahan Kabupaten Pasaman optimistis mampu  mener­bitkan sertifikat 1.200 bidang tanah hingga September 2016. Kegiatan tersebut merupakan bagian Program Nasional Agraria (Prona). 

Dari data yang dihimpun, hingga periode Mei tahun ini, Kantor Pertanahan Pasaman sudah menyelesaikan 252 sertifikat. Dimana, sebagian sertifikat itu sudah diserahkan kepada masyarakat penerima.

“Target kami, sebelum memperingati Hari Agraria Nasional ke-56 yang jatuh pada tanggal 24 September 2016 mendatang, seluruh ser­tifikat tanah melalui Prona sudah dibagikan ke masya­rakat,” kata Kepala Kantor Pertanahan Pasaman, Herjon C.M. Panggabean, kemarin.

Ia mengatakan, hal ini untuký memenuhi instruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Badan Pertanahan Nasional RI No­mor : 1/INS/IV/2016 tanggal 5 April 2015 tentang perce­patan pelaksanaan Prona ang­g­aran tahun 2016.

“Makanya dipandang per­lu untuk melakukan evaluasi agar mencapai target yang ditentukan,” ucapnya.

Ia menyebutkan, hingga Juni ini, realisasi fisik dan anggaran itu harus sudah mencapai 60 parsen. se­men­tara hingga Desember 2016, realisasi fisik dan anggaran harus sudah mencapai 100 persen.

Bahkan saat ini, sambung Herjon, untuk pengukuran bisa melebihi target yang sudah di informasikan ke­menterian.ý

Menurutnya, hal ini dapat dicapai karna sudah tinggi kesadaran dan semangat apa­ratur Kantor Pertanahan Ka­bupaten Pasaman untuk men­ciptakan motto “Senang Me­mudahkan”. 

Dijelaskannya, sejak pe­nyerahan pertama kali Prona pada Maret lalu, Kantor Per­tanahan Pasaman saat ini mencanangkan program pe­nyerahan sertifikat Prona setiap minggu kepada peserta Prona.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman ke­pa­da warga bahwa pembuatan sertifikat tidak lama, tidak sulit dan diharapkan bisa mengubah pandangan masya­rakat bahwa biaya Prona tidak mahal.

“Bahkan untuk Prona, seperti yang pernah kami sampaikan BPN tidak me­mungut biaya, jika ada biaya di nagari itu pembiayaan alas hak, yang besarnya itu diten­tukan oleh Peraturan Nagari (Pernag),” sebutnya. (h/yud/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]