Penyuluh Pertanian Minta Kenaikan Tunjangan


Jumat, 27 Mei 2016 - 03:38:39 WIB
Penyuluh Pertanian Minta Kenaikan Tunjangan SEKRETARIS Dinas Pertanian Kota Solok, Deswita, memimpin rapat koordinasi penyuluh dengan Bakorluh Provinsi Sumatera Barat, Kamis (26/5). Dalam Rakor itu, peyuluh meminta perbaikan kesejahteraan melalui BOP. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Pe­nyuluh Pertanian se-Kota Solok mendesak Badan Ko­ordinasi Penyuluhan Perta­nian (Bakorluh) Provinsi Sumatera Barat untuk bisa me­naikan tunjangan ke­sejahteraannya yang diang­garkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pasalnya, selama ini tunjangan kesejahteraan yang dikenal dengan Biaya Operasional Penyuluh (BOP) hanya sebesar Rp320 ribu/bulan.

“Bakorluh Provinsi Su­matera Barat sebagai per­panjangan tangan penyuluh ketingkat nasional, hen­daknya bisa melobi peme­rintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian ka­re­na sejak 2003 lalu sampai sekarang, BOP penyuluh masih Rp320 ribu,” ujar Penyuluh Pertanian pada rapat koordinasi dengan Bakorluh Provinsi Sumatera Barat di BPP Tanjung Ha­rapan, Kamis (26/5).

Zulkifli, mewakili pe­nyuluh dihadapan tim Ba­korluh yang dipimpin Gus­tiar menyebutkan, BOP pe­nyuluh sangat langka terjadi kenaikan, tuntutan kerja dan tanggung jawab penyuluh makin berat. Apalagi sejak pemerintahan Jokowi seka­rang, dituntut meningkatkan swasembada pangan, khu­susnya padi jagung kedelai. Dilain pihak BOP sebagai bentuk tambahan kesejah­teraan tidak diperhatikan.

“Kalau dulu HP belum ada, internet jarang dan harga Bahan Bakar Minyak Rp 4.000/liter, sekarang alat komunikasi sudah canggih, BBM naik, sedangkan BOP Penyuluh masih sebesar itu, logisnya Bakorluh propinsi Sumatera Barat perlu mela­kukan kajian analisis untuk mengusulkan ke Kemen­terian Pertanian maupun melalui APBD Provinsi Su­matera Barat,” pintanya.

Menaggapi pertanyaan itu, Gustiar dari Bakorluh mengakui kalau BOP sudah lama tidak ada kenaikan, era orde baru dulu BOP Pe­nyuluh Rp250.000/bulan yang diterima sekali 3 bulan. Sekarang diera reformasi sudah naik menjadi Rp320.­000/bulan yang diterima sekali 3 bulan. Untuk me­naikan ke level yang lebih baik lagi selalu diusulkan ke Kementerian Pertanian, tapi selalu kandas di jalan.

“Di Sumatera Barat, jum­lah tenaga penyuluh 733 orang, sedangkan di Ind­onesia mencapai 25.000 orang, jika Rp 50.000 dinai­kan, maka terjadi pergeseran APBN, kita tidak habis pikir dengan pengambil kebijakan ditingkat nasional yang tidak peduli dengan kesejahteraan penyuluh,” tuturnya. (h/alf)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:42:02 WIB

    Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari

    Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman sampai saat ini masih kekurangan tenaga penyuluh. .
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:12:23 WIB

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT BATUSANGKAR, HALUAN — Anggota Pemadam Ke­bakaran (Damkar) BPBD Ka­bu­paten Tanah Datar mela­kukan sosialisasi kepada kaum Ibu Rumah Tangga (IRT) di wilayah Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Senin (3/10)..
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:44:54 WIB

    Kejati Beri Penyuluhan Hukum Pada Siswa SMA

    Kejati Beri Penyuluhan Hukum Pada Siswa SMA TANAH DATAR, HALUAN — Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat menggelar agenda pe­nerangan hukum kepada sekitar 450 orang siswa SLTA se-Tanah Datar. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Wido­do Supriyadi, dihadapan para siswa.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:20:05 WIB

    Wabup :Tunjukkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian

    Wabup :Tunjukkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian Tanah Datar, Haluan — Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi acara Musyawarah Daerah (Mus­da) ke I Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), Selasa (02/08) di Aula Gedung Islamic Center, .
  • Kamis, 12 Mei 2016 - 04:17:17 WIB

    Pegawai Kemenag Diberi Penyuluhan Hukum

    TANAH DATAR, HALUAN — Pegawai di lingkungan Kementerian Agama dituntut untuk selalu waspada dengan hal-hal yang bersentuhan dengan hukum. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di ling.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM