Polisi Diminta Usut Tuntas Pengrusakan Pagar YPBH


Jumat, 27 Mei 2016 - 04:31:02 WIB
Polisi Diminta Usut Tuntas Pengrusakan Pagar YPBH PAGAR pembatas lahan Yayasan Pendidikan Bung Hatta (YPBH) di Air Pacah, Koto Tangah, Padang, dirubuhkan dengan eskavator akhir Maret lalu.

PADANG HALUAN — Ka­sus dugaan pengrusakan paga Kampus II Air Pacah, Koto Tangah, Padang, pada tanggal 31 Maret lalu, pihak Yayasan Pendidikan Bung Hatta (YPBH) mendesak Polresta Padang segera mem­prosesnya.

Hal tersebut dikatakan Penasehat Hukum YPBH, Daniel Jusari, Kamis (26/5). Menurutnya, pihaknya su­dah menerima klarifikasi da­ri pihak Pengadilan Negeri Padang melalui surat No.­W3.U1 1768/Hk.02/V/2016 yang menegaskan, pihak pengadilan tidak pernah memerintahkan juru sita untuk merubuhkan pagar milik YPBH.

Dalam surat yang ditan­datangi Ketua Pengadilan Negeri Padang, Reno Listo­wo tertanggal 23 Mei 2016 itu dijelaskan, berita acara tunjuk batas tidak ada kai­tannya dengan perubuhan pagar milik YPBH.

“Pernyataan pihak-pi­hak yang mengaku peru­buhan itu mendapat izin dari juru sita PN Padang adalah tidak benar,” kata Reno dalam surat tersebut.

Dengan klarifikasi ter­sebut, kata Daniel, tidak ada ala­san bagi pihak penyidik Polresta Padang untuk me­nunda-nunda pengusutan tuntas kasus tersebut. “Pi­hak­­nya meminta penyidik Polresta Padang segera mem­proses laporan ter­se­but, untuk diteruskan ber­kasnya ke kejaksaan dan pe­ngadilan, demi tegaknya su­premasi hukum,” lanjut­nya.

Pagar pembatas kampus tersebut dirubuhkan dengan menggunakan eskavator saat tunjuk batas dalam perkara gugatan yang di­ajukan Lehar, sesuai Surat Pengadilan Negeri Padang No. W3.U1 1768/Hk.02/V/2016.

Pihak YPBH saat itu sudah mengingatkan, bahwa tunjuk batas itu tidak ada kaitannya dengan peru­bu­han pagar tersebut. Tetapi tidak diindahkan, malah ditan­tang. Tak terima de­ngan kon­disi tersebut, Ke­pala Bidang Aset dan Pem­bangunan YP­BH, Eni Ka­mal kemudian melaporkan ka­sus tersebut ke Polresta Pa­dang dengan No.STTl/457/K/IV/2016/SPKT Unit 1.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Abdus Syukur Felani mengatakan, pihaknya te­ngah menyelidiki perkara tersebut. Sejumlah saksi telah diperiksa. “Kami ma­sih melakukan penyelidikan lebih lanjut dalam kasus tersebut,” ujarnya. (h/nas)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]