Bea Cukai Ingatkan Konsumen

Hati-hati Berbelanja Sistem Online


Jumat, 27 Mei 2016 - 18:21:28 WIB
Hati-hati Berbelanja Sistem Online Ilustrasi Logo Bea Cukai

PADANG, HALUAN – Para konsumen belanja sistem online diingatkan untuk hati-hati dalam memesan sebuah produk/barang. Apalagi bila pesanan itu berasal dari luar negeri. Salah-salah pilih, bisa jadi kelak urusannya panjang hingga sampai ke polisi.

“Kami selalu berupaya mengingatkan konsumen agar hati-hati dalam berbelanja online. Sebab, bisa jadi, barang pesanan mereka disusupi barang-barang terlarang, seperti narkoba. Jika hal ini terjadi, tentunya si pemesan bisa berurusan langsung dengan kepolisian,” kata Sudirman R., Kasubsi Anggar Pabean & Cukai pada Kantor Pos Besar Padang, Jumat (27/5).

Baca Juga : Kenaikan Tarif PPN: Kontradiksi Opsi di Tengah Pandemi

Menurut Sudirman, sesuai dengan Permenkeu no.188/PMK.04/2010 tentang impor barang yang dibawa oleh penumpang, awak sarana pengangkut, pelintas batas dan kiriman, setiap barang yang masuk ke Indoensia, berhak diperiksa oleh petugas bea cukai. Selain untuk memastikan isinya aman dari barang terlarang, juga untuk memastikan bahwa barang itu bisa jadi harus membayar pajak masuk Indonesia, jika melebihi nilai yang telah ditetapkan.

Akan hal nya barang yang diperiksa oleh petugas bea cukai, jika tak ditemukan hal mencurigakan, akan segera diproses untuk pengirimannya, dan pada paket diberi tanda bahwa paket itu telah lolos dari pemeriksaan bea cukai. Namun jika ada hal-hal mencurigakan, petugas akan menghubungi si penerima kiriman, untuk menjalani proses berikutnya.

Baca Juga : Profesi Pelayanan Publik, Harus Jadi 'Role Model' Pelaksanaan Protokol Kesehatan

“Nah agar tak tersangkut hal-hal seperti itu, kami selalu menyarankan agar konsumen berhati-hati dalam berbelanja secara online,” tutup Sudirman.  (h/atv)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]