Menjelajahi dan Mencicipi Buah Tropika di Kabupaten Solok


Sabtu, 28 Mei 2016 - 02:02:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Menjelajahi dan Mencicipi Buah Tropika di Kabupaten Solok Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Kementerian PerĀ­tanaian.

Siapa yang tidak mengenal buah, hampir semua semua orang mengenal buah serta mencicipinya. Rasanya yang beraneka ragam, warna warni, dan legit menjadikan organ pada tumbuhan berbunga ini sebagai makanan yang wajib terutama bagi mereka yang diet.

Namun se­ba­gian orang belum me­ngenal ba­gai­mana buah dapat di­kembangkan, hingga mem­punyai rasa manis dan tek­trur legit. Bagi mereka yang menyukai perjalanan wi­sata dapat mencoba men­jelajahi agrowisata di Suma­tera Barat, khususnya di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Kementerian Per­tanaian yang berlokasi di Jalan Raya Solok Aripan km 8, Kecamatan Sumani, Kabupaten Solok.

Balai yang memiliki tanah seluas 25 hektare ini menjadikan Balai Pene­litian Buah Tropika satu-satunya di miliki Indonesia. Dengan luas lahan tersebut rasanya cukup untuk me­ngajak wisatawan atau para pemburu kuliner buah ber­keliling melihat kebun, labor penelitian, dan Kawa­san Rumah Pangan Lestari (KRPL) atau kawasan di­mana para pengujung bisa istriahat di rumah pang­gung di tengah kebun untuk mencicipi minuman hasil olahan dari buah buahan.

Salah satunya adalah buah segar seperti Markisa (Ppasiflora quadra­ngalu­ris) yang dipetik langsung dari pohon, bahkan saat berkeliling pengunjung ju­ga didampingi oleh petugas atau peneliti buah.

Menurut Kasi Jasa Pe­nelitian Harlion, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Solok banyak di­kun­jungi oleh wisatawan domestik terutama dari sekolah-sekolah dan ke­lompok tani.

“Sampai saat ini selalu ada kunjungan dari sekolah dan kelompok tani. Mere­ka kebanyakan berasal dari luar provinsi seperti Papua, Kalimantan, dan Riau,” ungkapnya.

Tidak hanya mencicipi buah dari pohonnya, pe­ngunjung juga dibawa ke kebun bibit hasil pene­litian. Terdapat tanaman buan seperti Pepaya, Manggis, Jeruk, Sirsak. Berjalan di­antara tanaman buah, pe­ngujung dapat merasa­kan suasana alam yang te­nang, jauh dari kebisingan kota.

Selain itu, pengujung akan mendapatakan laya­nan khas dari balai pene­litian seperti mengujungi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Di tempat tersebut kita dapat men­cicipi buah hasil olahan dari masyarakat atau pe­neliti yang tinggal di balai penelitian. Dimulai dari jus buah hingga puding buah buahan.

Bagi mereka yang me­nyukai penelitian ilmiah, pengunjung dapat me­ngin­tip labor pembenihan di area Balai. Disana terlihat peneliti yang bekerja de­ngan perlengkapan leng­kapnya mengembangkan bermacam varietas ung­gulan. Salah satunya Mang­gis (Garcinia mangostana L) yang dapat mem­per­cepat tumbuh hingga 50 persen dari normalnya.

Selain buah manggis ada beberapa jenis buah lainnya yang dikema­bang­kan, diantaranya buah pe­paya yang meliki ratusan varietas, serta buah buahan lainnya.

Agrowisata ternyata tak hanya memuaskan mata dengan keindahannya. Na­mun juga dapat merasakan langsung kekayaan alam serta tentunya baik untuk kesehatan tubuh. (*)

 

Laporan : RIVO SEPTI ANDRIES



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM