Pungut Zakat Tanpa Izin, Pidana Menanti


Sabtu, 28 Mei 2016 - 05:47:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN—Peng­urus masjid dan musala  di Kota Padang diimbau segera membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ)  dalam mengumpul za­kat­kan.

Demikian dikatakan Ke­tua Badan Amil Zakat Na­sional (Baznas) Kota Pa­dang Episantoso SP, dalam pertemuan dengan 400 pe­ng­urus masjid dan musala Kota Padang, kemarin di Asrama Haji Parupuk Ta­bing Padang.

Episantoso menjelaskan, merujuk pada Undang-un­dang (UU) Zakat No 23 Tahun 2011 pasal 38,  sangat jelas ditegaskan setiap orang dilarang dengan sengaja bertindak selaku amil zakat.

“Dilarang melakukan pengumpulan, pendis­tribu­sian dan pendayagunaan zakat tanpa izin pejabat yang berwenang yaitu Baz­nas sebagai  lembaga resmi yang dibentuk negara untuk menghimpun, men­distri­busikan dan menda­yagu­naan harta zakat umat,” katanya.

Dikatakannya, setiap orang yang berani memu­ngut zakat tanpa izin akan dikenakan sanksi pidana satu tahun penjara. Atau pidana denda paling banyak Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Menurut Episantoso, sosialisasi tentang UU Za­kat juga sudah disampaikan dalam pertemuan dengan 1.000 dai dan daiah pada Ahad, (22/5) lalu di Asrama Haji.

“Kita berharap melalui dai dan daiyah serta pengu­rus masjid dan musala, UU zakat ini bisa disampaikan kepada masyarakat. Se­hing­ga kedepan membayar zakat melalui amil zakat resmi yakni Baznas dan UPZ,” harapnya.

Dikatakannya, untuk membentuk UPZ, di masjid, musala, perkantoran  atau lembaga kemanusiaan, tidak terlalu sulit.

“Pengurus masjid , mu­sala atau kantor menunjuk paling sedikit tiga orang. Satu menjadi ketua, satu sekretaris dan satu ben­dahara. Kalau mau ditam­bah dengan satu orang kon­sultan zakat, juga diper­bolehkan.

Setelah nama-nama pe­ngurus UPZ dibentuk, se­lanjutnya diajukan ke Baz­nas Kota Padang untuk di­minta dikukuhkan sekaligus dikeluarkan  surat kepu­tusan (SK),” jelasnya.

Sedangkan hal teknis pelaksnaan, menurut Epi­santoso, pengurus UPZ me­miliki wewenang sama de­ngan wewenang yang ada pada lembaga Baznas.

“Diantaranya berwe­nang menghimpun dan mem­bagikan harta zakat kepada orang yang memang berhak menerimanya,” tu­tupnya. (h/ita)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 16 Februari 2018 - 19:26:25 WIB

    Dishub Padang: Pungut Parkir Lebih, Itu Pungli

    Dishub Padang: Pungut Parkir Lebih, Itu Pungli PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dedi Henidal menegaskan, pungutan tarif parkir yang tidak sesuai dengan aturannya adalah pungutan liar (pungli). Sesuai aturannya, tarif parkir untuk sepeda moto.
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:29:02 WIB

    Sidak di Pasar Raya, Walikota Ikut Pungut Sampah

    Sidak di Pasar Raya, Walikota Ikut Pungut Sampah PADANG, HALUAN — Walikota Padang, Mah­yeldi melakukan sidak ke Pasar Raya Padang, Selasa (30/8). Tanpa sungkan, Mahyeldi turun langsung untuk memungut sampah yang ber­sera­kan di sepanjang kawasan Balaikota lama hingga k.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 15:42:57 WIB

    Komite Madrasah Dilarang Pungut Sumbangan ke Wali Murid tanpa Musyawarah

    Komite Madrasah Dilarang Pungut Sumbangan ke Wali Murid tanpa Musyawarah PADANG, HALUAN -- Komite Madrasah dilarang memungut sumbangan kepada orangtua/wali murid tanpa melalui musyawarah. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Drs.H. Artis Arjun, MPd m.
  • Jumat, 31 Juli 2015 - 20:10:15 WIB

    Pajak Dipungut, Pelayanan tak Sesuai Prosedur

    JANUARI-JULI PAD PARKIR RP1,4 M

    PADANG, HALUAN — Par­kir di Kota Padang menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar, yakni Rp2,8 miliar dan sudah terealisas.

  • Senin, 13 April 2015 - 20:08:20 WIB

    DPKA Kesulitan Pungut Pajak Baliho Cagub

    PADANG, HALUAN — Jelang pemilihan gubernur (Pilgub) 2015 hampir semua sudut Kota Padang disesaki reklame. Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang merasa kesulitan memungut pajak pada musim.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM