Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Kerinci Sudah 70 Persen


Senin, 30 Mei 2016 - 05:49:23 WIB
Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Kerinci Sudah 70 Persen Gunung Kerinci.

SOLSEL, HALUAN — Persiapan peresmian jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan (Solsel) telah rampung sekitar tujuh puluh persen. Diperkirakan pembukaan jalur pendakian ini akan rampung pada Agustus mendatang.

 “Setelah Sekber PA sukses membuka jalur pendakian melalui Bangun Rejo, Kecamatan Sangir beberapa waktu lalu, dengan tema Menggali Potensi Emas Hijau. Sehingga untuk tahap peresmian, berkat dukungan Bupati Solsel kami optimis tuntas jelang Agustus, sampai saat ini telah rampung sekitar tujuh puluh persen,”kata Anggota Sekretariat Bersama Pecinta Alam (Sekber PA) Solsel, Aig Wadenko pada Haluan Jumat, (29/5).

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Menurutnya, hal yang terpenting dalam membuka jalur adalah koordinat.  Kemu­dian, dikarenakan kondisi Gunung Kerinci masih dalam level waspada, sehingga untuk melakukan pelebaran dan mempersingkat jalur masih menunggu proyeksi Pos Pe­mantau Gunung Kerinci.

Sesuai anjuran pihak pengelola Taman Nasaional Kerinci Sebelat (TNKS) jalur yang melewati atau sebelum lembah Kura-kura pada ketinggian 2.000 mdpl ada jenis flora dan fauna langka sehingga sedapat mungkin bisa menghindar jalur tersebut. “Jika memang tidak ada jalur lain maka terpaksa dibuatkan semacam peri­nga­tan,”tambahnya.

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Ia melanjutkan, tim pembukaan jalur menemukan banyak ranjau yang diduga sengaja dipasang oknum yang tidak ber­tang­gungjawab di sepanjang jalur pendakian. “Sedikitnya kita menemukan 50 unit ranjau yang sengaja dibuat untuk menangkap satwa dilindungi,”katanya.

Dikarenakan jalur kawasan Gunung Kerinci merupakan hutan premier. ”Di­mana, jalur yang telah dibuka dalam waktu satu minggu saja sudah kembali rimbun sehingga dalam minggu depan kami akan kembali membersihkan jalur sambil me­nunggu informasi dari pihak Pos Pemantau gunung Kerinci,”tandasnya.

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Terakhir pihaknya telah memasang rambu jalur pendakian di Gunung Kerinci untuk memudahkan pendakian dari jalur daerah itu. “Sebagian sudah dilakukan pemasangan rambu, tetapi jaraknya cukup jauh sehingga kami kembali melakukan penambahan guna memudahkan pendaki nantinya,” katanya.

Terkait kesiapan porter katanya, seka­rang sudah ada sekitar 55 orang yang terdiri dari anggota Sekber 30 orang ditambah masyarakat mitra polisi hutan di Bangun Rejo 25 orang. “Semuanya juga dilatih berbahasa Inggris secara gratis dan semua masyarakat yang mau belajar boleh ikut,” katanya.

Baca Juga : Mantap! 57 Siswa SMA 1 Sumbar Sembuh dari Covid-19

Sebelumnya, Pegiat Pariwisata, Yulnofrins Napilus, menyebutkan terkait pembukaan dan peresmian jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solsel telah mendapatkan persetujuan Kementerian LHK melalui Menteri, Siti Nurbaya.

“Saya juga meminta pada peresmiannya nanti minimal ada Dirjen yang datang, bu Siti sudah oke,”katanya saat mendampingi kementerian LHK di kepulauan Seribu dalam rangka peringatan Hari Hutan Internasional beberapa waktu lalu. (h/jef)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]