81 Mustahiq Barangin Terima Bantuan BAZ


Selasa, 31 Mei 2016 - 03:18:18 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN—Sebanyak 81 mustahiq (penerima zakat,red)  di Ke­camatan Barangin kembali menerima bantuan zakat yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto periode Mei 2016. Total bantuan yang diserahkan lebih dari Rp56 juta dengan lima jenis bantuan yakni untuk pendidikan, rehab rumah, fakir, berobat dan bantuan usaha.

Bantuan usaha diterima oleh 23 mus­tahiq dengan total bantuan Rp28 juta, zakat pendidikan sebesar Rp20,1 juta untuk 53 orang, bantuan berobat dua orang dua juta rupiah, fakir dua orang Rp1,5 juta dan rehab rumah satu unit lima juta rupiah.

“Sepanjang periode Januari hingga Mei ini BAZNas Sawahlunto telah menyalurkan sebesar Rp319 juta untuk 291 mustahiq di Kecamatan Barangin,” terang Ketua BAZ­Nas Sawahlunto M Syarief kepada Haluan, kemarin.

Untuk pencairan dana zakat ini lanjut M Syarief,  telah melalui serangkaian prosedur dan peninjauan ke lapangan, dengan harapan bantuan zakat akan ter­salurkan kepada yang benar-benar berhak menerimanya. Pihak BAZNAs dan ke­camatan setempat akan terus melakukan pemantauan dan pendampingan sehingga bantuan tersebut benar-benar diman­faatkan seperti hal yang dimintakan sebelumnya.

Sementara itu Camat Barangin Adrius Putra mengharapkan bagi mustahiq yang menerima bantuan ini ke depannya akan menjadi para pemberi zakat, paling tidak untuk seterusnya keluar dari daftar pene­rimanya.

Adrius Putra juga mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh BAZNas Sawahlunto yang dalam penyalurannya dinilai telah tertata rapi dan baik, sehingga yang dibantu dari dana zakat ini tepat pada yang berhak menerimannya. (h/mg-rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 20:07:20 WIB

    Kabupaten Agam Prediksi Bakal Sembelih 5.681 Ekor Hewan Qurban

    Kabupaten Agam Prediksi Bakal Sembelih 5.681 Ekor Hewan Qurban HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Agam, memprediksi penyembelihan hewan pada Idul Adha 1441 hijriyah meningkat dibanding tahun sebelumnya..
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 03:54:50 WIB

    KPP Pratama Keluarkan 481 Surat Paksa

    BUKITTINGGI, HALUAN — Kantor Pelayan Pajak (KPP) Pratama Bukittinggi mengeluarkan Daftar Surat Paksa (DSP) terhadap 481 wajib pajak yang menungak pembayaran pajak, ter­hi­tung mulai 30 Desember 2015 lalu..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]