Disandera Militan Suriah

Wartawan Jepang Minta Dibebaskan


Selasa, 31 Mei 2016 - 03:35:43 WIB
Wartawan Jepang Minta Dibebaskan WARTAWAN Jepang Yasuda saat disandera di Suriah.

TOKYO, HALUAN — Seo­rang wartawan asal Jepang yang disandera militan Nusra Front di Suriah, muncul dalam foto yang baru dirilis ke in­ternet. Pemerintah Jepang menyatakan tengah mengu­payakan segala cara demi menjamin pembebasan war­ganya tersebut.

Foto yang tidak tahu ka­pan diambil itu, baru dirilis ke internet pada Minggu (29/5) malam. Dalam foto itu, war­tawan Jepang bernama Jum­pei Yasuda terlihat mengena­kan seragam oranye dan wa­jah­nya dipenuhi berewok, sambil membawa kertas ber­tu­liskan huruf kanji Jepang. 

Baca Juga : Jepang Dihantam Gelombang 4 Corona, Hingga yang Meninggal di Rumah Meningkat

“Tolong bantu saya. Ini kesempatan terakhir saya,” bunyi tulisan tangan wartawan Jepang itu, seperti dilan­sir Reuters, Senin (30/5/2016).

Yasuda mulai menjadi pemberitaan pada Maret lalu, ketika muncul video yang menunjukkan dirinya sedang membawa pesan untuk negara dan keluarganya. Media Je­pang menyebut Yasuda dicu­lik oleh kelompok militan Nusra Front, yang masih ber­afiliasi dengan jaringan Al-Qaeda, setelah dia masuk ke wilayah Suriah dari Turki pada Juni tahun lalu.

Baca Juga : Warga Gunakan Kotoran Sapi Cegah Covid-19, Dokter India: Stop, Itu Bahaya!

Menteri Luar Negeri Je­pang, Fumio Kishida, menya­takan otoritas Jepang telah menganalisis foto yang baru muncul itu dan hasilnya me­yakini foto itu memang Ya­suda. Juru bicara kabinet pemerintahan Jepang, Yo­shihide Suga, menegaskan pemerintah melakukan segala upaya untuk mem­bebaskan­nya.

“Menjaga keselamatan warga negara Jepang menjadi tugas paling penting kami, maka kami memanfaatkan jaringan informasi di luar negeri dan melakukan segala hal yang mampu kami lakukan untuk mengatasi situasi ini,” tegas Suga dalam konferensi pers.

Saat ditanya apakah segala hal itu, termasuk berko­muni­kasi dengan militan Nusra Front, Suga menjawab: “Hal semacam itu termasuk.”(h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]