Perketat Pengawasan Jajanan Sekolah


Selasa, 31 Mei 2016 - 04:10:00 WIB

PADANG, HALUAN—Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta,   sekolah untuk lebih ketat  mengawasi jajanan siswa. Musibah keracunan makanan siswa SDN 09 Surau Gadang Siteba harus dijadikan pelajaran agar peristiwa itu tidak terulang lagi.

“Sebaiknya sekolah membangun kantin untuk tempat jajan siswa selama di sekolah dan selektif menerima pedagang makanan yang berjualan di kantin,” katanya Senin (30/5).

Persoalan ini, harus menjadi perhatian serius oleh semua pihak terutama sekolah. Maraknya pedagang yang berjualan di luar pekarangan sekolah membuat jajanan siswa menjadi tidak terkontrol.

Dengan adanya kantin, sekolah bisa melakukan seleksi dan pengawasan terha­dap makanan yang dijual oleh pedagang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua belas siswa SDN 09 Surau Gadang Siteba Kecamatan Nanggalo terpaksa dilarikan ke rumah sakit Kamis pagi karena mengalami mual dan muntah usai mengkonsumsi jajanan di depan pekarangan sekolah.

Dinas Kesehatan,  telah mengambil sampel sisa makanan dan muntah siswa yang diduga keracunan untuk  diuji di Labo­ratorium Kesehatan Daerah (Balkesda) dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Nanggalo.

Parahnya, menurut salah seorang warga di sekitar sekolah tersebut, pedagang yang menjual makanan yang dicurigai sebagai penyebab siswa-siswa sekolah itu muntah-muntah tidak kelihatan lagi setelah peristiwa itu.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Dewi Susanti menga­takan, agar Dinas Pendidikan meme­rintahkan kepala sekolah di Kota Padang, untuk memilah-milah jajanan disekolah.

“Dengan begitu, tidak akan sem­ba­rangan pelajar untuk jajan,” katanya.

Sebab, yang mengizinkan jajanan dise­kolah adalah pihak sekolah. Jadi, pihak sekolah harus bersikap tegas terhadap pedagang yang berjualan disekolah.(h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 21:13:22 WIB

    Komisi III DPRD Minta Dishub Padang Perketat Pengawasan di Akses Masuk

    Komisi III DPRD Minta Dishub Padang Perketat Pengawasan di Akses Masuk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang melakukan pengawasan secara ketat pada pembatasan secara selektif bagi pendatang yang masuk ke Kota .
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 15:48:31 WIB

    DPRD Padang Desak Pemko Perketat Pengawasan Warnet

    DPRD Padang Desak Pemko Perketat Pengawasan  Warnet PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang mendesak Pemko Padang, selama bulan suci Ramadan memperketat operasional warnet..
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 04:17:19 WIB

    Uji Kelayakan Kendaraan Diperketat, PKB Ikut Bertanggung Jawab

    PADANG, HALUAN — Sejak beberapa tahun terakhir, kasus kecelakaan cukup banyak terjadi pada moda angkutan penumpang di Sumatera Barat. Untuk itu, Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar akan menerapkan kebijakan uji kelayakan y.
  • Senin, 30 Mei 2016 - 16:29:29 WIB

    Sekolah Diminta Agar Perketat Pengawasan Jajanan Sekolah

    Sekolah Diminta Agar Perketat Pengawasan Jajanan Sekolah PADANG, HALUAN--- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta, sekolah untuk lebih ketat mengawasi jajanan siswa. Musibah keracunan makanan siswa SDN 09 Surau Gadang Siteba, harus dijadikan pelaja.
  • Kamis, 12 Mei 2016 - 16:55:07 WIB

    Kota Padang Bakal Perketat Izin Rumah Kost

    Kota Padang Bakal Perketat Izin Rumah Kost PADANG, HALUAN -- Pansus III DPRD Kota Padang mengharapkan, izin untuk rumah-rumah kost di Kota Padang baru jangan hanya sekedar memiliki IMB. Namun, harus ada Izin Gangguan atau Izin khusus tentang rumah kos.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]