Hari ini, 35.796 Peserta Ikuti SBMPTN


Selasa, 31 Mei 2016 - 04:49:27 WIB
Hari ini, 35.796 Peserta Ikuti SBMPTN

PADANG, HALUAN – Hari ini (Selasa, red) 35.796 orang calon mahasiswa akan me­ngikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diadakan Panitia Lokal 17. Selain ujian tulis atau Paper Based Test (PBT), tahun ini juga akan digelar ujian berbasis komputer atau yang disebut Computer Based Test (CBT).

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Negeri Padang (UNP), Amril Amir, mengatakan rekap terakhir pendaf­taran SBMPTN Panlok 17 berjumlah 35.796 calon mahasiswa. Dirinci ke dalam, PBT untuk Saintek berjumlah 12.986 orang, Soshum sebanyak 14.947 orang, campuran sebanyak 7.813 orang. “Untuk CBT dengan total 50 orang, diantaranya Sain­tek 29 orang dan Soshum 21 orang,” jelasnya kemarin kepada Haluan.

Untuk ruangan ujian kata Amril Amir Panlok 17 juga sudah menyiapkan untuk Saintek seba­nyak 650 ruangan, Soshum 784 ruangandan campuran 391 rua­ngan. “Untuk ruangan CBT itu juga sudah tersedia dengan ka­pasitas 50 orang,”ungkapnya.

Wakil Rektor I UNP, Agus Irianto, juga mengingatkan agar peserta yang mengikuti SBMP­TN tahun ini untuk menyiapkan diri, baik kesehatan maupun kesiapan meng­hadapi ujian.

“Jangan percaya dengan joki, bekerja lah sesuai dengan ke­mam­puan. Karena tidak ada celah untuk memakai jasa joki pada SBMPTN tahun ini,” ungkapnya.

Panlok 17 juga telah minta bagi peserta yang jauh seperti Sawah­lunto, Solok atau di luar Kota Padang agar datang sehari sebelum ujian, karena tidak ada dispensasi bagi yang terlambat atau tidak ikut ujian. “Kami juga sudah sampaiakan agar jangan lupa untuk melakukan cek ulang lokasi ujian. Jangan nanti sampai pas mau ujian baru dicek, tentu akan berdampak kepada kesiapan ujian,” ungkapnya.

Panlok 17 juga telah siap untuk menggelar CBT perdana tahun ini. Rektor Universitas An­da­las (Unand), Tafdil Husni, mengatakan CBT pada 31 Mei 2016 ini akan dipusatkan di Lembaga Pe­nge­m­bangan Tek­no­logi Informasi dan Ko­mu­nikasi (LPTIK) Unand.  Universitas Andalas termasuk salah satu dari 26 PTN yang akan men­jadi penyelenggara CBT.

Untuk persiapan telah dilakukan LPTIK adalah dengan me­nyediakan 50 fasilitas kom­puter, meja dan ruangan yang nyaman, LCD proyektor, sou­nd system, UPS, internet deng­an LAN yang terhubung, server serta genset dan UPS pen­dukung. Semua fasilitas ini telah dive­rifikasi. “Karena persyaratan yang sangat ketat, maka LPTIK Unand hanya menyertakan 50 PC untuk pelaksanaan CBT SBMPTN 2016 ini,”ungkapnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]