Jalan Sutan Usman Jadi Pasar Pabukoan

Pedagang Harus Bayar Retribusi Rp425 Ribu


Rabu, 01 Juni 2016 - 04:07:53 WIB
Pedagang Harus Bayar Retribusi Rp425 Ribu Ilustrasi.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemko Payakumbuh menetapkan Jalan Sutan Usman di jantung kota dimanfaatkan untuk Pasar Pabukoan pada Ramadan 1437 H ini. Di ruas jalan sepanjang lebih kurang 200 meter itu, bakal mampu menampung 225 pedagang kuliner buat berbuka puasa.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Kadiskoperindag, Dahler, kepada Haluan Selasa (31/5), mengatakan, penetapan Jalan Sutan Usman itu buat Pasar Pabukoan, sudah melalui pengkajian yang tepat bersama Satuan Kerja Pe­rangkat Daerah (SKPD) terkait, termasuk dengan pihak Polresta, Dishubkominfo dan Satpol PP Payakumbuh.

Para pedagang atau pemilik toko yang berada di sepanjang Jalan Sutan Usman, ikut memberikan dukungan jika Pasar Pabukoan digelar di jalan itu.  “Tinggal lagi, Dishubkominfo mengatur lalu lintas di jalan tersebut, agar tidak terjadi  kemacetan terutama pada jam-jam sibuk menjelang magrib,”katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Agus Rubiono, menyebutkan pihaknya akan mengutamakan kenyamanan pedagang dan pembeli yang berbelanja di Pasar Pabukoan. “Makanya, Diskoperindag akan menyediakan tenda  yang bagus dan layak pakai untuk ditempati pedagang kuliner. Termasuk lampu penerangan bagi  pedagang,”ujarnya.

Jumlah pedagang Pabukoan yang berminat untuk menempati ruas jalan tersebut semakin  banyak. Namun, karena keterbatasan lokasi, Pemko hanya mampu mengakomondir lebih kurang 225 peda­gang. Jika, masih lebih akan disediakan di pelataran parkir Pasar Ibuah Barat. “Bagi pedagang yang menempati pasar Pabukoan, dikenakan retribusi Rp425 ribu sudah termasuk biaya listrik PLN,” ungkapnya.

Makanan yang dijual direncanakan juga akan diatur. Sehingga  memudahkan pengunjung Pasar Pabukoan  untuk menda­patkan makanan yang  hendak dibelinya.  (h/zkf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 November 2019 - 11:03:20 WIB

    Pemko Bukittinggi Tanggapi Keluhan Pedagang Pasar Aur Kuning

    Pemko Bukittinggi Tanggapi Keluhan Pedagang Pasar Aur Kuning  BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Menanggapi keluhan pedagang Aur Kuning yang mendatangi kantor DPRD Propinsi  Sumbar beberapa waktu lalu,  terkait dengan Peraturan Walikota (Perwako) Bukittinggi Nomor 40 dan 41  tentang .
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:56:37 WIB

    Cegah Fitnah..! Wako Ramlan Nurmatias Berdialog Langsung dengan Pedagang Pasa Ateh

    Cegah Fitnah..! Wako Ramlan Nurmatias Berdialog Langsung dengan Pedagang Pasa Ateh BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Guna meluruskan kesimpangsiuran informasi terkait persoalan Pasar Atas yang pekerjaannya hampir rampung, Pemko Bukittinggi menggelar pertemuan dengan ratusan pedagang korban kebakaran Pasar Atas .
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 20:17:57 WIB

    Geram! Ketua DPRD Padangpanjang Ultimatum Disdagkop Tata Lagi Pedagang di Pasar Baru

    Geram! Ketua DPRD Padangpanjang Ultimatum Disdagkop Tata Lagi Pedagang di Pasar Baru PADANGPANJANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah mewanti-wanti Dinas Perdagangan dan Koperasi (Perdagkop) kota setempat, untuk penempatan pedagang yang berada di bangunan baru Pasar Padang Panjang.
  • Kamis, 15 Agustus 2019 - 16:11:26 WIB

    Wah, Pedagang Anggur Marak di Jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh

    Wah, Pedagang Anggur Marak di Jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Buah anggur yang biasanya dijual di pasar buah atau toko supermarket, kini buah yang tergolong mahal itu dengan mudah bisa ditemui di pinggir jalan raya Bukittinggi Payakumbuh tepatnya di dae.
  • Selasa, 23 Juli 2019 - 15:43:59 WIB

    Gerobak Pedagang Rusak Keindahan Kota

    Gerobak Pedagang Rusak Keindahan Kota SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Parkir gerobak pedagang kakilima disepanjang ruas jalan alternatif dibawah SMPN 1 Sawahlunto dinilai warga dan pengunjung wisata merusak estetika keindahan kota tua Sawahlunto. Akibar parkir ger.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM