Mayor Feri Handra: 'Ayo Perangi Narkoba dan Radikalisme'


Kamis, 02 Juni 2016 - 05:54:19 WIB
Mayor Feri Handra: 'Ayo Perangi Narkoba dan Radikalisme' DANRAMIL 01 Padang Barat-Utara Kota Padang Mayor Inf Feri Handra, bersilaturahmi dengan warga sekitar wilayah hukumnya dan memberikan penjelasan seputar bahaya narkoba dan penyakit masyarakat lainnya di ruang kerjanya, Selasa, (31/5).

PADANG, HALUAN — Me­masuki bulan suci Ramadan 1437 H, Danramil 01 Padang Barat-Utara, Kota Padang ber­silaturahmi dengan warga ma­syarakat setempat. Tentara Na­sional Indonesia (TNI) adalah pelindung bagi masyarakat. Lembaga ini lahir dari ma­syarakat dan harus mengabdi untuk masyarakat atau rakyatnya.

Tekad bulat TNI dengan masyarakat adalah menciptakan kondisi aman tertib dan terjauh dari intrevensi serta rasa takut. Yakinlah, bahwa TNI harus selalu di garda terdepan dalam memberikan perlindungan teru­tatama dari ancaman pertahanan dan keamanan negara. Untuk menciptakan rasa aman itu tidak mungkin dilakukan oleh ka­langan TNI saja. Akan tetapi peran serta masyarakat sangat menentukan.

Danramil 01 Dim 0312/ Padang Mayor Inf Feri Handra menjelaskan hal itu di hadapan masyarakat wilayah Kecamatan Padang Barat dan Utara, kemarin (1/6) di kantornya Jalan Veteran Padang.

“Dandim 0312/Padang Let­kol If Erfan Herriyanto, SH, selalu menekankan kepada jaja­ran di bawahnya khususnya kalangan TNI, dalam aktifitas apa saja, masyarakat adalah kunci utama keberhasilan suatu kerja. Makanya sila­tur­rahmi harus selalu dijaga dan jangan pernah me­ngabaikan masyarakat,” ucapnya.

Menyikapi ajakan pim­pinan tersebut, komitmen kalangan TNI khususnya Danramil bersama Babinsa berkeinginan menjaga dan melindungi masyarakat hingga membantu persoal-persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Kalau ada masyarakat terganggu masalah kea­manan dan melihat adanya gejala-gejala maksiat dan perilaku sesat hingga per­edaran narkoba dan seje­nisnya laporkan saja ke pada kami. Kita akan ber­koordinasi dengan jajaran penegak hukum lainnya untuk bersikap cepat dan tegas pada pelakunya. Ini adalah prinsip yang tidak bisa di tawar-tawar,” terang perwira asal Sungai Be­lantik Kecamatan Akabi­luru Kabupaten Lima Pu­luh Kota ini.

Saat ini terang Feri, daerah Sumbar darurat narkoba. Untuk mencegah meluasnya ancaman ini TNI  tidak bisa bekerja dan bersikap sendiri saja mem­beran­tas bahaya narkoba. Kepedulian dan peran komponen masyarakat bersedia memberikan informasi kepada TNI terkait kejadian-kejadian yang dapat meresahkan lingkungan.

Kasus lain yang juga perlu disikapi secara tegas sebut Dan­ramil 01 adalah masalah radi­kalisme dan organisasi terlarang yang saat ini sudah mulai terang-terangan mempengaruhi ma­syarakat. Yang namanya komu­nis sampai saat ini sesuai dengan UU masih dilarang berada di bumi pertiwi ini.

“Oleh sebab itu agar ma­syarakat berhati-hati. Kalau ada orang yg memberikan lambang palu arit baik berupa baju, span­duk ataupun berupa stiker jangan terpengaruh karena akan beru­rusan dengan hukum,” ingatnya.

Bertitik tolak kemitraan TNI dengan masyarakat, Kodim 03­12/Padang saat ini juga mem­bantu pembuatan jamban sehat bagi masyarakat yang kurang mampu. Tujuannya, setiap ang­gota  masyarakat lingkungannya akan terjaga kebersihannya dan menimbulkan rasa nyaman bagi penduduknya.  

“Bagi masyarakat yang belu­m memiliki jamban/WC di ru­mahnya silakan laporkan kepada babinsa yang ada di wilayahnya, Kodim Padang secara bertahap akan membantu masyarakat dalam program menciptakan hidup sehat dan bersih ling­kungan,” tutup Feri. (h/eni)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]