Tersangka Sabu Rp300 Juta Miliki Jaringan Antarprovinsi


Jumat, 03 Juni 2016 - 03:11:49 WIB
Tersangka Sabu Rp300 Juta Miliki Jaringan Antarprovinsi Kapolresta Padang AKBP Chairul Aziz memperlihatkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 3 ons seharga Rp300 juta. IST

PADANG, HALUAN – Kapolresta Padang AKBP Chairul Aziz didampingi Kasat Resnarkoba Kompol Daeng Rahman mengatakan, penangkapan narkoba jenis sabu seberat Rp300 juta terhadap Baluit (40) dan EM (16) di salah satu hotel Jalan Dobi, Kamis (2/6) malam, ternyata pengedar kelas kakap dan mempunyai jaringan antar provinsi.

Kenapa bisa dikatakan seperti itu, jelas Chairul Aziz, sebelumnya anggotanya sudah mencoba menangkap Baluik, tapi tidak berhasil. Makanya, polisi telah menjadikan Baluik Target Operasi (TO) selama tiga bulan belakangan ini. Tersangka terkenal licin dan selalu mengetahui gerak-gerik polisi, saat hendak ditangkap.

Baca Juga : Sedih, Ada Orang Tua di India Buang Bayinya yang Kena Corona

“Baluik warga Lakuak, Kelurahan Kubu Dalam, Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, memiliki jaringan yang sangat luas. Sebab, barang haram itu diperoleh dari Aceh,” jelas Chairul Aziz, kemarin.

Mantan Wakapolresta Padang ini menceritakan, barang haram itu dibawa dari Aceh menggunakan bus dengan tujuan ke Padang Panjang. Setiba di Padang Panjang, narkoba itu baru dikasih kepada Baluik. Kemudian Baluik bersama sabu yang telah dibelinya itu dibawa ke Padang menggunakan kendaraan roda empat miliknya.

Baca Juga : "Pantun Cerewet" Doni Monardo untuk Sadarkan Masyarakat

“Barang haram itu tiba di Padang Panjang pada pagi hari tadi (Kamis,red). Rencana tersangka, mengedarkan narkoba jenis sabu itu di wilayah Padang dan daerah lainnya. Selain tersangka sebagai pengedar, juga mengkomsumsi sabu,” jelasnya.

Sedangkan anak tiri tersangka warga Desa Kampung Baru, Jorong Sido Mulyo, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat ini, lanjutnya, tetap dilakukan penahanan terhadapnya. Karena, EM yang baru mendaftar di salah satu SMA ini mengetahui bahwa Baluik membawa narkoba jenis sabu. Namun demikian, penyidik akan mendalami kasus tersebut. (h/nas)

Baca Juga : Akhirnya, Penggunaan Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak Disetujui

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]