Rencanakan Teror, Tiga Warga Suriah Ditangkap


Jumat, 03 Juni 2016 - 04:09:43 WIB
Rencanakan Teror, Tiga Warga Suriah Ditangkap

JERMAN, HALUAN — Tiga warga Suriah yang diduga terkait dengan kelompok militan ISIS ditangkap di Jerman karena dicurigai merencanakan serangan teror, menurut keterangan jaksa penuntut umum federal Jerman. 

Dalam pernyataan penuntut umum federal yang dikutip Reuters, tiga pria tersebut yakni Hamza C., 27, Mahood B., 25, dan Abd Arahman A.K., 31. Ketiganya ditangkap di negara bagian North Rhine-Westphalia, Brandenburg dan Baden-Wuert­temberg. Rumah mereka digeledah.

Baca Juga : Jepang Dihantam Gelombang 4 Corona, Hingga yang Meninggal di Rumah Meningkat

Penuntut umum federal juga menyatakan bahwa sebuah surat perintah penangkapan dirillis untuk menahan Saleh A., pria asal Suriah lainnya yang berusia 25 tahun.

Dua tersangka, Saleh A. dan Hamza C., diduga bergabung dengan ISIS di Suriah pada musim semi 2014, dan menerima tugas dari pemimpin ISIS untuk melaksanakan serangan di kota tua Duesseldorf, sebuah kota di Jerman barat.  Mereka kemudian membujuk sejumlah orang untuk ikut ambil bagian dalam serangan itu.

Baca Juga : Warga Gunakan Kotoran Sapi Cegah Covid-19, Dokter India: Stop, Itu Bahaya!

Saleh A. dan Hamza C. merencanakan dua serangan bom bunuh diri di Heinrich-Heine-Allee, sebuah ruas jalan yang sibuk di pusat kota. Sejumlah penyerang lainnya diharapkan untuk meluncurkan serangan dengan senjata dan bahan peledak. Target mereka adalah membunuh sebanyak mungkin pejalan kaki dan orang yang tengah melewati kawasan itu.

Menurut laporan CNN, serangan itu diperintahkan langsung oleh pemimpin ISIS.  Meski demikian, jaksa penuntut mengatakan tidak ada bukti konkret bahwa para tersangka ini sudah memulai rencana serangan. (h/cnn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]