Puncak Gunung Talang

Indahnya Negeri Di Awan


Sabtu, 04 Juni 2016 - 02:24:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Indahnya Negeri Di Awan Pemandangan dari Gunung Talang, 3 danau masing-masing Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah benar-benar mempesona.

Pesona keindahan Gunung Talang tak pernah habisnya. Jika Anda sering membaca dongeng tentang negeri di awan atau negeri kahyangan, maka dalam dunia nyata, Puncak Gunung Talang adalah tempatnya.

Gambaran itu tak terlalu berlebihan. Karena, pemandangan yang terhampar di sekitar Gunung Talang selama pendakian sangatlah indah. Di kaki gunung membentang hamparan kebun teh yang luas dengan udara yang bersih dan sejuk.

Gunung Talang memiliki ketinggian 2.597 meter. Terletak di Kabupaten Solok, tepatnya 9 km dari Kota Arosuka, ibukota Kabupaten Solok atau sekitar 40 km sebelah timur Kota Padag. Gunung ini merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat.

“Gunung Talang memiliki dua jalur pendakian. Jalur pendakian yang pertama yaitu melalui Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang. Sedangkan, jalur lainnya melalui daerah Bukik Sileh (Batu Bajanjang) Kabupaten Solok,” ujar Sutri Wahyuni, berbagi pengalaman saat mendaki Talang.

Jika anda memilih jalur pendakian pertama, maka dari  Kota Padang anda bisa menggunakan kendaraan selama lebih kurang 2 jam ke Jorong Koto Ateh di Nagari Aia Batumbuak (belok kiri di simpang Lubuk Selasih). Anda bisa juga menggunakan angkutan umum (travel atau bus) dari Padang menuju Alahan Panjang.

Normalnya waktu yang dibutuhkan untuk pendakian mulai dari pos pendakian hingga ke puncak Gunung Talang adalah sekitar 3 hingga 5 jam.

“Kami baru berhasil mencapai puncak setelah 7 jam karena terlalu sering berhenti di perjalanan,” katanya.

Dari puncak Gunung Talang, Anda dapat melihat banyak spot pemandangan, seperti pemandangan Kota Solok dan Kota Padang, Puncak Gunung Marapi, Gunung Singgalang, Gunung Tandikek, Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Danau Diatas-Danau Dibawah, Danau Talang, dan Danau Singkarak. Di sana, juga terdapat hutan yang berisi kayu mati. Sungguh pemandangan indah dan menakjubkan yang akan membuat kita menyadari kebesaran Allah SWT.

Pada malam hari, lampu-lampu di Kota Padang dan Solok akan menghipnotis mata Anda. Sementara di pagi hari, Anda akan dibuat terpana kala matahari terbit. Bentangan awan yang begitu indah ada di bawah seakan kita berjalan di atasnya. Penulis sendiri tidak pernah berpikir bahwa negeri awan atau negeri kahyangan itu ada, sampai melihatnya sendiri dari Puncak Gunung Talang ini.

Gunung Talang benar-benar pesona yang luar biasa. Jika Anda adalah para pendaki gunung dan berniat berwisata ke Sumatera Barat, jangan sampai melewatkan lokasi ini. Dijamin tidak akan menyesal. Negeri di awan yang selama ini anda percaya hanya ada di dalam dongeng, akan Anda temukan di puncak gunung ini. (h/pmc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2016 - 00:33:50 WIB

    Menikmati Indahnya Rimbo Panti

    Menikmati Indahnya Rimbo Panti BERDIRI di hutan nan rindang, sejuk dan sesekali mendengar nyanyian burung di atas ranting pohon, dapat membawa kita ke suasana damai dan sejuk. Pikiran pun kembali segar, karena menghirup oksigen bersih dari celah-celah poho.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM