Sucy Chua

Berawal dari Ajang Pencarian Bakat


Sabtu, 04 Juni 2016 - 02:37:12 WIB
Berawal dari Ajang Pencarian Bakat Sucy Chua.

Industri  rekaman Ranah Minang belakangan ini bo­leh dikatakan kian ber­gai­rah, seiring dengan mun­cul­nya penyanyi-penyanyi pop minang muda berbakat. Se­hingga album-album pop minang populer kian laris dan membanjiri pasaran di Ranah Minang.

Dari sekian banyak pen­ya­n­yi pop minang pen­da­tang baru yang masuk dapur rekaman, salah satu di­an­tara­nya adalah Suci Ankita Lah­dia, atau yang lebih dikenal dengan nama Sucy Chua.

Ya, gadis cantik ber­hi­dung mancung kelahiran 21 Januari 1993 ini, sukses me­rilis album per­tama­nya pada 2015 lalu bersama Dekas­wara Record Produser Zal Doeri. Dengan lagu an­dalan­nya yang berjudul Dibaliak Tirai cipta­an Wan Parau.

“Album pertama Di­bali­ak Tirai dilempar kepasaran se­bany­ak 3.000 copy dalam bentuk VCD. Di album perdana itu, terdapat10 jenis lagu  yang dinyanyikan dengan lagu andalan Dibalik Tirai,” ujar Sucy ketika dihubungi Haluan kemarin.

Sukses melempar album per­tama, membuat mahasiswi se­mester akhir di Universitas Dhar­ma Andalas Padang, Jarusan Manajemen Fakultas Ekonomi ini, termotivasi untuk segera meluncurkan  album kedua.

“Saat ini, album kedua tengah kita persiapkan. Doakan ya se­moga semuanya berjalan lancer,” ujarnya.

Menurut Sucy, pertama ber­kecim­pung didunia tarik suara dimulai saat masih duduk di bangku SMA. Saat itu ia ikut kontes menyanyi dalam ajang pencarian bakat di TVRI Sumbar.

Ajang pencarian bakat itulah yang mengantarkan dirinya men­jadi wanita yang percaya diri atas bakat dan kemampuan yang di­mi­liki.  Pasalnya, ajang pencarian bakat tersebut telah mengubah segalanya. Dan ia mulai yakin atas kemampuan dan bakat yang ia miliki tersebut, padahal se­belum­nya ia belum pernah tampil men­yanyi sama sekali di depan umum.

Selepas menamatkan SMA, bakat tarik suara yang dimilikinya itu terus ia asah dan kembangkan. Berkat saran dan masukan yang diberikan oleh sepupunya Vanny Fabiola yang juga seorang pen­yanyi minang, maka sejak itulah ia mulai cinta dengan lagu mi­nang. Arahan dari sepupunya itu, membuatnya memberanikan diri untuk ikut terjun sebagai pen­yanyi minang.

“Waktu itu sepupuku  yang memperkenalkan aku dengan produser rekaman lagu minang, yaitu Zal Doeri. Dan disitulah aku diajak untuk masuk dapur reka­man untuk merilis album,” ung­kap anak pertama dari tiga ber­saudara ini.

Diakuinya, ketika memilih terjun di musik minang, ia sem­pat ditertawakan teman-te­man­nya, karena mereka beranggapan lagu minag itu seleranya orang tua bukan seleranya kawula muda. Namun dirinya menyikapinya dengan biasa saja.

“Karena aku orang minang maka aku bawa enjoy aja. Sebab, waktu itu aku berpikir, siapa lagi yang mau melestarikan lagu minang kalau bukan kita generasi muda,” kenang Sucy yang juga aktif di Komunitas Indonesia Bass Family Chapter Padang.

Untuk belajar nyanyi atau olah vokal, ulasnya, tidak ada  kursus tertentu yang dijalaninya, melainkan belajar sendiri di rumah serta saling sharing dengan teman teman yang suka nyanyi. Untuk jenis lagu yang di­nyanyi­kan juga tidak pilih-pilih lagu, semuanya dipelajari asalkan lagu tersebut menyenangkan.

Meski terilang baru dalam panggung musik minang, namun ia berusaha untuk terus berusaha memberikan yang terbaik bagi penggemarnya teruma pecinta musik minang. Ia berharap ke­depan­nya biasa seperti sepupunya Vanny Fabiola.

“Insyaallah, aku akan terus berkarya diblantika musik tanah air, khususnya musik minang. Untuk album kedua ini, di­harap­kan lebih bagus dan sukses dari album pertama,” harap dara cantik ini. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 00:06:44 WIB

    Krisdayanti dan Raul Lemos: Berawal dari Rekan Bisnis

    Krisdayanti dan Raul Lemos: Berawal dari Rekan Bisnis HARIANHALUAN.COM - KEDEKATAN Krisdayanti (KD) dengan Raul Lemos terbangun diawali dari jalinan bisnis. Bahkan terdapat kabar bahwa mereka bertemu pertama kali di bandara..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 13:57:25 WIB

    Berawal dari Pneumonia, Hasil Test Adik Via Vallen Positif Corona

    Berawal dari Pneumonia, Hasil Test Adik Via Vallen  Positif Corona HARIANHALUAN.COM - Penyanyi dangdut Via Vallen menceritakan kondisi kesehatan adiknya yang didiagnosis pneunomia. Melalui akun Instagram-nya, Via Vallen mengunggah hasil rontgen paru-paru sang adik. .
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 15:15:28 WIB

    Saykoji: Semua Berawal dari Hobi

    Saykoji: Semua Berawal dari Hobi HARIANHALUAN.COM – Ignatius Rosoinaya, Penyanyi yang kerap dipanggil Igor di masa mudanya, tak menyangka bahwa ia akan menjadi seorang Saykoji. Lelaki kelahiran 1983 ini, berhasil menjadi rapper yang berkancah di industri m.
  • Sabtu, 14 Mei 2016 - 02:09:43 WIB

    Windra, Berawal dari Ngamen

    Windra, Berawal dari Ngamen BUKITTINGGI, HALUAN — Windra Elfi mungkin disebut sebagai pendatang baru di industri musik Ranah Minang. Namun dunia hiburan bukan hal baru baginya, karena lelaki gagah ini pernah tercatat sebagai salah satu kontestan dari.
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 00:38:24 WIB
    Dipa Arkendi

    Berawal dari Komik

    Berawal dari Komik Terpilih sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bukittinggi periode 2016-2020 pada 24 Januari 2016 yang lalu, tidak membuat Dipa Arkendi jauh dari hobi membaca..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]