Tingkatkan Rasa Nyaman Wisatawan

Dinsosnaker Tertibkan Delapan Gepeng


Sabtu, 04 Juni 2016 - 04:55:24 WIB
Dinsosnaker Tertibkan Delapan Gepeng Salah satu anak jalanan yang ditangkap oleh Satpol PP Bukittinggi beberawa waktu lalu.

BUKITTINGGI, HALUAN — Dinas Sosial Tenaga Kerja (Sosnaker) Kota Bukittinggi melakukan penertiban terhadap gelandangan dan pengamen (gepeng) pada sejumlah ruas jalan di Kota Bukittinggi, Kamis (2/6) kemarin.

Penertiban Gepeng yang dilakukan oleh pihak Sos­naker bersama Satpol PP, Kesbangpol dan aparat kepo­lisian itu guna untuk mem­berikan rasa nyaman kepada warga dan pengunjung yang datang ke Bukittinggi.

Baca Juga : Pastikan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN Sumbar Gelar Vicon dengan Jajaran

Kepala Bidang (Kabid) Sosial Dinas Sosnaker Bu­kittinggi, Nurhasanah menga­takan, penertiban Gepeng yang  dilakukan merupakan sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya bagi Sos­naker.

“Khusus tahun ini razia dilakukan hanya dua kali, di­mana razia saat ini wak­tunya berpapasan menjelang masuk­nya bulan puasa. Dan razia akan digelar kembali  pada November mendatang,” katanya.

Baca Juga : Sekdako Sonny Turun ke Lapangan Pastikan Satgas Kelurahan di Padang Panjang Berjalan

 Penertiban yang dimulai sekitar pukul 11.30 Wib ter­sebut ujarnya, petugas gabungan berhasil meng­aman­kan delapan orang ge­peng dijalanan dengan ka­wasan yang berbeda. Seperti tiga orang dikawasan Pasar Atas, satu orang di Gulai Bancah, satu orang lagi di kawasan Jalan Sudirman, dan lainnya dibe­berapa ruas jalan dikawasan Bukittinggi.

Semua gepeng yang dia­mankan tersebut dipulangkan kembali kedaerah asal ma­sing-masing setelah terlebih dahulu didata dan dimintai keterangan. Sebelum mereka dipulangkan para gepeng tersebut juga diberi surat pernyataan untuk tidak me­lakukan perbuatannya lagi.

“Pada umumnya Gepeng yang diamankan itu bukan warga asli Bukittinggi, mela­inkan dari daerah tetangga seperti Agam, Batusangkar, Payakumbuh. Usai dilakukan pendataan mereka langsung kita suruh kembali ke daerah masing-masing,” jelas Nurhasanah. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]