FK Unand Lahirkan Doktor Baru


Sabtu, 04 Juni 2016 - 04:59:22 WIB
FK Unand Lahirkan Doktor Baru DR. RIMA Semiarty, MARS., saat menjalani ujian terbuka disertasi program doktor ilmu kesehatan masyarakat, di Aula FK Unand, Jumat (3/6).

PADANG, HALUAN — Fa­kultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand), kembali melahirkan seorang doktor baru. Ia adalah dr. Rima Se­miarty, MARS., yang pada Jumat (3/6) berhasil mem­pertahankan disertasinya berju­dul ‘Model Kepemimpinan Rumah Sakit Umum Daerah Berbasis Kebudayaan Mi­nang­kabau di Sumatera Barat’ da­lam ujian terbuka disertasi program dok­tor ilmu kesehatan masyarakat, di Aula FK Unand.

Tak tanggung-tanggung, wanita kelahiran Yogyakarta 18 November 1962 ini, ber­hasil memukau para tim dosen pengujinya yang terdiri dari Prof. Tafdil SE., MBA. PhD, Dr. dr. Masrul MSc., SpGK., Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud MKes., Prof Herri SE., MBA., Dr. Harrif Amali Rivai SE., MSi., Prof. Ir. Raudha Thaib MP., dan dosen undangan Prof. Irwan Prayitno, Psi. MSi., PhD. Lewat jawaban-jawaban tepat dan langsung me­ngena sasaran, Rima akhir­nya dinobatkan se­bagai doktor baru di kam­pus kedokteran tersebut.

Baca Juga : Temui Mantan Wawako Padang Yusman Kasim, Hendri Septa Bicarakan Hal Ini

Dalam disertasinya, Rima yang memiliki latar belakang ilmu mana­je­men rumah sakit ini me­nyebutkan, bahwa fungsi kepemimpinan itu harus­lah sensitif, kompeten dan peduli terhadap keperca­yaan dari budaya se­tempat.

Hasil penelitian yang dilakukannya menemukan mo­del kepemim­pinan rumah sakit berbasis budaya Minangkabau dengan cirri: koordinasi dan supervise pimpinan terhadap bawahan dilakukan sejalan sesuai dengan istilah adat minagkabau, yaitu ditinggikan sarantiang dan didahulukan salangkah. Dalam menghadapi pihak eksternal adalah me­matuhi peraturan yang ada, memahami anggo jo tango, mamakai raso jo pareso, menye­suaikan dengan keadaan (kama kelok lilin, kasinan kelok loyang). Sementara dalam menghadapi pihak internal, adalah mengikutkan empati. Yaitu, lamak dek awak katuju dek urang.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

Dari penelitian ini, lanjut istri Prof. Dr. dr. H. Menkher Manjas SpB, Sp., SpOT, ini dapat disimpulkan bahwa ke­pemim­pinan RS yang me­nyerupai kepemimpinan Minang­kabau menghasilkan kinerja RS yang baik, sesuai standar Kemenkes maupun target dari pemerintah daerah. (h/atv)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]