Subdenpom Gelar Aksi Donor Darah


Senin, 06 Juni 2016 - 02:48:20 WIB
Subdenpom Gelar Aksi Donor Darah Ilustrasi.

PADANG PANJANG, HALUAN—Sebanyak 13 kantong darah berhasil terkumpul pada kegiatan aksi donor darah yang digelar Sub­denpom I/4-5 Padang Panjang bersama PMI dan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD di Markas Subdenpom setempat, Kamis (2/6) kemarin.

Komandan Subdenpom I/4-5 Padang Pan­jang, Lettu CPM Sudirman menyebut kegiatan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial satuan penegak hukum (gakum) di lingkungan TNI AD. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan ketersediaan darah untuk ma­syarakat yang membutuhkan.

“Meski hingga saat ini image masyarakat masih melihat Polisi Militer (POM) itu angker, namun di balik tugas pokok sebagai satuan Gakum TNI-AD juga memiliki tugas wajib lainnya seperti menjadi contoh dan panutan bagi lingkungan,” ujar Sudirman kepada wartawan di sela-sela aksi donor darah tersebut.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam pada momentum memeriahkan HUT ke 70 POM dan menyambut bulan suci Ramadhan itu, tampak merangkul seluruh elemen sebagai peserta donor. Selain kalangan masyarakat umum dan TNI, peserta donor juga tampak dari pegawai sipil seperti Polri, Kejaksaan dan satuan perangkat kerja pemerintah setempat.

Kepala Markas PMI Padang Panjang, Topan Irelisyofa mengaku sangat apresiasif dengan kegiatan yang digelar Subdenpom saat itu. Upaya peningkatan ketersediaan darah disebutkannya memang membutuhkan ting­kat kesadaran sesama manusia untuk saling membantu dengan cara menjadi pendonor.

“Melalui kegiatan yang dilakukan oleh Subdenpom ini, UTD RSUD Padang Panjang mendapat tambahan asupan ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan. Alhamdulillah meski hanya dilakukan berde­katan dengan kegiatan di Polres beberapa hari lalu, ternyata darah bisa terkumpul sebanyak 13 kantong dengan berbagai jenis golongan darah,” tutur Topan.

Terkait ketersediaan stok darah di UTD RSUD Padang Panjang saat ini, Topan mengaku berdasarkan informasi terakhir hanya mencukupi hingga pertengahan bulan ini saja. Di tambah dengan hasil aksi donor darah di Subdenpom kali ini, setidaknya dapat menambah ketersediaan stok darah jika kebutuhan meningkat.

“Stok yang tersedia di UTD menurut informasi hanya cukup setengah bulan saja dengan jenis golongan darah paling banyak yakni golongan O dan A. Sedangkan untuk B dan AB sangat sedikit. Sementara untuk aksi donor darah kali ini, tercatat berhasil dikum­pulkan darah golongan A sebanyak 5 kantong, AB 1 kantong, O 6 kantong dan AB+ 1 kantong,” pungkas Topan. (h/mg-pis)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]