HWB Sapan Maluluang Dipadati Pengunjung


Senin, 06 Juni 2016 - 02:51:59 WIB
HWB Sapan Maluluang Dipadati Pengunjung Objek wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang Solsel dipadati pengunjung wisatawan lokal dan yang datang dari luar Solsel pada libur lebaran, tahun lalu.

SOLSEL, HALUAN — Da­lam menyambut tradisi ba­limau atau mensucikan diri dengan cara mandi di sungai dan tempat pemandian men­jelang bulan Ramadan, Pe­merintah Solok Selatan (Sol­sel) menyatakan siap untuk menyambut kehadiran ma­syarakat di sejumlah titik keramaian yang ada di daerah itu.

Beberapa titik lokasi yang biasa ramai dikunjungi ma­syarakat dalam menggelar tradisi Balimau antara lain, Sungai Batang Suliti, Balun dan Hot Water Boom (HWB) Sapan Maluluang. “Berda­sarkan hasil rapat sejumlah instansi, kami siap menyam­but kedatangan masyarakat dalam rangka Balimau,” kata Kepla Dinas Budaya Pari­wisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Solsel, Doni Hendra, Minggu, (5/6).

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Menurutnya, dalam rapat tersebut juga mempersiapkan serta membahas agenda libur lebaran. Rapat melibatkan, Dinas Kesehatan, Perhu­bungan, Satpol PP, Camat Pauh Duo dan Walinagari serta petugas HWB.

“Sesuai kesepakatan, un­tuk menghindari kemacetan seperti tahun sebelumnya maka kendaraan tidak diper­bolehkan parkir dalam lokasi namun diluar lokasi,”katanya.

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Selain itu, selama libur lebaran juga akan dipen­taskan hiburan orgen tunggal. Dan untuk mengantisipasi persoalan kebersihan dilokasi akan dilakukan penataan para pedagang.”Pedagang da­da­kan tidak dibenarkan berju­alan di area peman­dian,” tegasnya.

Sementara, pihak keca­matan Pauh Duo juga akan mengundang Wakil Gu­ber­nur Sumbar, Nasrul Abit dalam rangka acara balimau yang akan diadakan di lokasi sungai ikan larangan di keca­matan Pauh Duo. “Semoga saja nantinya pak Wagub tidak berhalangan untuk datang,”harap Camat Pauh Duo, Budiman.

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Sedangkan di Lubuk Ga­dang, Kecamatan Sangir, masyarakat menggelar bali­mau bersama di Batang Sa­ngir, Bukit Manggiu. “Bali­mau bersama akan digelar di Batang Sangir, Bukit Mang­giu,” kata seorang warga, Hendri. (h/jef)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]