RSUP Dr M Djamil Raih Akreditasi Paripurna


Selasa, 07 Juni 2016 - 03:26:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
RSUP Dr M Djamil Raih Akreditasi Paripurna Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dr. dr. Yusirwan Yusuf (kiri), menerima sertifikat akreditasi paripurna dari Ketua KARS, Dr. Sutoto di Jakarta, Senin (6/6).

PADANG, HALUAN — Setelah pro­ses panjang yang mele­lah­kan di bawah kepe­mim­pinan Di­rektur Utama (Dirut) Dr. Yu­sirwan Yusuf yang baru dilantik 15 Maret 2016 lalu, RSUP Dr M Djamil Padang akhirnya berhasil meraih akre­di­tasi pari­purna dari Komisi Akre­ditasi Rumah Sakit (KARS).

Prestasi tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat akreditasi paripurna dari Ketua Eksekutif KARS, Dr. dr. Sutoto, M.Kes kepada Dirut RSUP Dr M Djamil, Dr. dr. Yusirwan Yusuf di Jakarta, Senin (6/6).

“Hal yang selama ini kita nanti-nantikan. Penghargaan yang tidak mungkin didapat­kan jika tanpa kerja keras. Sesuai dengan yang saya sebutkan dulu saat pelantikan, kerja keras pasti membuahkan hasil. Dua bulan waktu yang tersedia dapat kami manfaatkan. Al­ham­dulillah,” ucap Yusirwan sa­at ditelepon Haluan.

Selanjutnya, kata Yusirwan, sertifikat tersebut akan dite­ruskan ke Kementerian Kese­hatan untuk melengkapi doku­men menjadikan RSUP Dr M Djamil Padang sebagai rumah sakit tipe A.

Ke depan, Yusirwan ber­harap agar seluruh keluarga besar RSUP Dr M Djamil dapat mempertahankan prestasi ini. Karena akreditasi akan dire­view setiap tahun hingga diper­baharui pada 2018 mendatang.

“Mempertahankan ini lebih sulit dari mendapatkannya. Untuk itu saya imbau kepada keluarga besar RSUP Dr M Djamil, untuk mulai menjadi bagian dari tubuh rumah sakit. Menumbuhkan rasa memiliki. Jangan ada eksklusifitas lagi di rumah sakit ini. Saya harus ber­tegas-tegas soal ini,” katanya.

Dijelaskan mantan Direktur Pelayanan Medik RSUP Dr M Djamil ini, sejak 2014, rumah sakit telah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan nasional bersama belasan ru­mah sakit lainnya di In­do­ne­si­a. Na­­mun sa­­at di­tet­apkan, be­­lum me­­me­­­nu­hi sa­­tu pers­ya­ratan me­n­jadi ru­mah sa­kit tipe A. Untuk me­­me­nu­hi syarat itu, RSUP M Djamil ha­rus memiliki akre­ditasi paripurna.

Di sisi lain,  mahasiswa Fakultas Kedokteran Unand tidak bisa lagi mengambil spesialis di RSUP Dr M Djamil, sebab FK Unand yang sudah tipe A, harus mengambil spesia­lis harus di RS tipe A juga sesuai ketentuannya.

Lebih jauh dijelaskannya  akreditasi paripurna ber­hu­bungan dengan mutu layanan. Tolok ukurnya standar, kalau ada pasien yang harus ditangani dokter spesialis, harus benar-benar ditangani dokter spesialis setiap hari.

Begitu juga kalau pasien sesudah dilakukan ope­­ra­si kemudian pasien di­prediksi ti­ga hari lagi harus pulang, ya ha­rus pulang. Atau, kalau tidak ja­di pulang, harus jelas ala­san­nya dan diagnosa kena­pa si pa­sien belum bisa pu­lang. (h/isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Desember 2016 - 01:48:04 WIB
    JALANKAN FUNGSI PENGACARA NEGARA

    Kejati Sumbar Komit Dampingi RSUP M Djamil

    Kejati Sumbar Komit Dampingi RSUP M Djamil PADANG, HALUAN – Sebagai bagian dari instansi pemerintahan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil tak terlepas dari kemungkinan menghadapi persoalan hukum, terutama di ranah perdata dan tata usaha negara. Oleh karena it.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:48:47 WIB

    Membedah Visi-Misi Calon Dekan FK Unand di RSUP M Djamil

    Membedah Visi-Misi Calon Dekan FK Unand di RSUP M Djamil PADANG, HALUAN — Satu dasawarsa terakhir, Fakultas Kedokteran Universitas An­dalas (FK Unand) selalu terakreditsi A. Namun tak dipungkiri, FK Unand masih butuh perbaikan di beberapa sisi. Kenyataan itu menjadi tantangan se.
  • Selasa, 06 September 2016 - 04:04:02 WIB

    Karyawan Outsourcing RSUP M Djamil Tuntut Pelunasan Gaji

    PADANG, HALUAN — Se­banyak 220 karyawan out­sour­cing di bawah PT Pinang Jaya Abadi (PT PJA) menuntut pem­ba­yaran sisa kekurangan gajinya pada perusahaan tersebut. Le­wat Novermal Yuska yang me­ngaku sebagai juru bi.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:59:32 WIB
    GUGATAN DOKTER DINILAI PREMATUR

    Pengacara Sebut Eksepsi RSUP M Djamil Keliru

    Pengacara Sebut Eksepsi  RSUP M Djamil Keliru PADANG, HALUAN — Perkara per­data yang melibatkan RSUP M Djamil (tergugat) Padang dengan seorang dokter non-aktif spesialis orthopedi di RS tersebut, Noverial (penggunggat), te­rus berjalan. Setelah gu­gatan dibacakan pa.
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 07:18:54 WIB
    Ledakan Tambang Sawahlunto

    Tiga Korban Luka Parah Dirawat di RSUP M Djamil

    Tiga Korban Luka Parah Dirawat di RSUP M Djamil PADANG, HALUAN —Tiga dari lima korban ledakan tambang batu bara di Sawah­lunto sampai saat ini masih mendapatkan perawatan in­tensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil, Padang. Dua pasien dirawat di ruang rawat .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM