Pengurusan Dokumen Kependudukan Cuma Sehari


Rabu, 08 Juni 2016 - 02:29:31 WIB
Pengurusan Dokumen Kependudukan Cuma Sehari

PARIAMAN, HALUAN — Dinas Ke­pendudukan dan Ca­tatan Sipil Kota Pariaman, terus mencari formula baru terkait pelayanan dokumen kepen­dudukan kepada ma­syarakat di kota itu. Dan sejak minggu terakhir Mei 2016 lalu, pene­rapan sistem pe­ngurusan do­kumen kepen­du­dukan sehari selesai sudah dilaksanakan di dinas ini.

Kepala Dinas Ke­pen­du­du­kan dan Catatan Sipil Kota Pariaman, Sumiramis kepada Haluan, Senin (6/6) men­jelaskan, dengan pem­ber­lakukan sistem ini, kita ber­harap pelayanan yang dibe­rikan Dinas­nya berkenan dihari masyarakat yang be­rurusan.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

Sebelum penerapan sis­tem ini, diakui terkadang pengu­rusan dokumen kepen­dudukan yang diurus warga, terkadang baru selesai dua sampai tiga hari.

Dia mencontohkan, mem­buat KTP-el, sudah re­kap data, warga yang beru­rusan bisa menuggu sebentar dan lang­sung oke.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

“Kita tidak ingin lama-lama, karena sarana dan prasarana untuk pembuatan dokumen kependudukan di dinas ini sudah dilengkapi sebagaimana mestinya, kita sedang coba dalam me­wujud­kan pelayanan prima kepada mayarakat yang berurusan,” katanya.

Pengurusan dokumen ke­pendududkan yang diurus war­ga ke sini ke dinas ini tidak dipungut bayaran, ke­cuali den­da terhadap yang lalai mengu­rus dokumen kepen­dudukan.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Setiap kegiatan disini sudah ada protab­nya. Jadi kalupun bagi warga yang lalai terkena denda, misal dalam pengurusan akta kelahiran anak, sudah tiga bulan setelah lahir baru diurus. (h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]