30 Hektare Lahan Diserang Hama Tikus


Rabu, 08 Juni 2016 - 02:31:59 WIB
30 Hektare Lahan Diserang Hama Tikus Sejumlah petani di Kota Pariaman Selatan sedang membuat alat umpan tikus bersama petugas dari Dinas Pertanian Kota Pariaman. (TRISNALDI)

PARIAMAN, HALUAN — Serangan hama tikus menghabiskan 30 hektare tanaman padi petani di Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Serangan dilakukan hama tersebut  terhadap umur padi 40 hari sampai dua bulan, dan terjadi sejak dua bulan terakhir ini.

“Hama tikus mengganggu tanaman padi petani dalam bentuk spot-spot, namun kalau ditotal mencapai tiga puluh hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Agusriatman kepada Haluan, Senin (6/6).

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Luas sawah di Kecamatan Pariaman Selatan tidak kurang dari 690 hektare dengan rata-rata panen gabah kering giling/hektare 6 ton. 

“Kalau kondisi serangan hama tikus terus berkecamuk, maka bisa-bisa panen terancam gagal,” kata Agus didampingi Kabit Tanaman Pangan dan Hortikultura, Marlina Sepa.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Kawasan pertanian padi sawah di Kecamatan Pariaman Selatan Kota pariaman, ter­masuk salah satu kawasan lumbung pangan di Kota Sala Laluak tersebut sampai se­karang.

Menurut Agusriatman, lang­­kah-langkah dalam me­ngatasi serangan hama tikus terhadap tanaman padi petani di Pariaman Selatan sudah dilakukan pengendalianya sejak Jumat kemarin.

Sistem yang dipakai dalam pengendalian itu dengan mele­takan umpan dekat sarang tikus, artinya umpan diletakan dekat sarang tikus yang aktif. Dan kegitan ini dilaksanakan bersama-sama dengan kelom­pok tani.

Selain melakukan pengen­dalian hama tikus, petani juga harus membersihkan ling­kunganya. Sebab semak belu­kar yang terdapat disekeliling arela pertanian sangat me­mudahkan hama tersebut ber­sarang.

Kepala Dinas Pertanian itu juga mengajak kepada petani agar selalu melakukan penga­matan secara baik sehingga pencegahan lebih awal bisa dilakukan.

Dia meminta kepada petu­gas pertanian yang ada di lapangan, pererat koordinasi dan jangan lupa satu langkah dengan masyarakat untuk me­ngendalikan hama tanaman tersebut. “Kita akan tetap bergandeng tangan bersama petani mengatasi kesulitan dalam memacu langkah me­nuju keberhasilan,” jelas agus­riatman. (h/tri/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]