Jelang Lebaran, Transaksi Pasar Aur Kuning Meningkat


Kamis, 09 Juni 2016 - 02:42:01 WIB
Jelang Lebaran, Transaksi Pasar Aur Kuning Meningkat SUASANA Pasar Aur Kuning, Rabu (8/6). Terlihat mulai ramai dikunjungi pembeli atau pedagang. Diperkirakan tersebut akan semakin ramai dikunjungi pedagang atau pembeli menjelang Lebaran nanti. (YURSIL)

BUKITTINGGI, HA­LU­AN — Transaksi pedagang di Pasar Aur Kuning selama bulan Ramadan sampai men­jelang Idul Fitri akan terus meningkat. Pasar Aur Kuning yang lebih dikenal dengan Tanah Abangnya Sumatera, menjadi pusat grosir segala macam pakaian.

Hari Rabu dan hari Sabtu, merupakan hari pasarnya Aur Kuning, pedagang yang da­tang ke Pasar Aur Kuning tidak hanya pedagang dari Sumbar saja, namun pe­dagang dari provinsi te­tang­ga, seperti Riau, Sumut, Jambi dan daerah lainnya. Maka, tak heran apabila uang beredar di Pasar Aur Kuning mencapai miliaran rupiah setiap hari.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

Salah seorang pedagang pakaian wanita di Pasar Aur Kuning yang enggan menye­butkan namanya mengakui, bahwa selama bulan Rama­dan transaksi dagangannya paling tinggi jika di­ban­ding­kan de­ngan bulan-bulan lainnya.

“Boleh dikatakan pada bulan Ramadan inilah tran­saksi para pedagang di Aur Kuning paling tinggi, se­hingga untuk menutupi biaya sewa tempat dan keuntungan usaha di­dapatkan pada saat inilah,” katanya kepada Ha­luan di Pasar Aur Kuning, Rabu (8/6).

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

Ia menjelaskan, umum­nya pedagang dari luar Bukit­tinggi seminggu sebelum puasa sudah berbelanja juga ke Pasar Aur Kuning. Tujuan dari pedagang tersebut, lan­jut­nya, untuk melengkapi stok barang di tokonya se­lama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

Namun demikian, kata­nya, biasanya pertengahan puasa pedagang atau lang­ganan­nya akan berbelanja lagi ke tokonya untuk me­leng­k­api stok barang pe­lang­gannya dalam rangka men­yam­but Lebaran. “Ada juga pedagang yang datang lang­sung ke tempat kita dan ada juga memesan barang melalui handpone, kemudian kita kemas dan dikirim ke tempat tujuannya,” terangnya.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Ia mengakui, untuk me­lihat tren model pakaian saat ini, ia harus jeli melihat per­kem­bangan fashion di tanah air. Bahkan model pakaian yang banyak beredar di Tanah Abang harus di­ketahui. Jika salah beli atau salah pilih, maka pakaian tersebut tidak laku sampai di Bukittinggi.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita me­nempat­kan orang kepercayaan di Tanah Abang. Orang tersebut akan memberikan informasi kepada kita tentang atau pakaian yang lagi tren melalui Facebook atau WA,” ulasnya.

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

Sementara itu, salah se­orang pembeli bernama Wati berasal dari Agam menga­takan, ia datang ke Pasar Aur Kuning untuk melengkapi pakaian anak-anaknya. Ia beralasan karena Pasar Aur Kuning belum ramai.

“Pada saat ini, karena pasar belum ramai betul, jadi kita bisa memilih-milih sesuai dengan keinginan. Kalau nanti menjelang Lebaran, pasar ini pasti lah ramai dan sulit bagi kita untuk me­milih,” ungkapnya. (h/ril)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]