Tanah Datar Dilewati Dua Etape TdS 2016


Kamis, 09 Juni 2016 - 02:46:58 WIB
Tanah Datar Dilewati Dua Etape TdS 2016

BATUSANGKAR, HALUAN  — Rute Tour de Singkarak 2016 yang akan melewati Kabupaten Tanah Datar terdapat didua etape, satu diantaranya adalah  Finish di Istano Basa Pagaruyung.

Kepala Dinas Budparpora Tanah Datar, Marwan, di dampingi Kasi Promosi, Efrison, Rabu (8/6) membenarkan kegiatan Tour de Singkarak akan melewatibTanah Datar dua kali, satu diantaranya Finish di jalan raya depan objek waisata Istano Pagaruyung.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Khusus pelaksanaan finish di Pagarung Tanah Datar, menurut Marwan merupakan momen yang menjadikan ikonnya TDS, karena peseta akan mendapat kesan tersendiri karena disambut dan disuguhi dengan makan bajamba dan pemberian kain sarung bagi pembalap.

Dijelaskan, tape pertama TDS dimulai dari Dermaga Singkarak, Solok, melewati  rute Ombilin, Rambatan, Pasar Batu­sangkar, Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar, selanjutnya ke Baso Kabupaten Agam, Piladang dan finish di Kota Paya­kumbuh.

Baca Juga : Diskominfo Solok Selatan Jalin Kebersamaan dengan Awak Media

Untuk Etape II, start mulai dari Haraw Kabupaten Lima Puluh Kota terus ke Kelok 9, kembali ke Kota Payakumbuh, ke Halaban, Balai Tangah dan Sitangkai Kecamatan Lintau Buo, terus, Guguak Cini, Bukit Gombak, Pasar Batusangkar dan finish di Pagaruyung.

“Di lokasi finish, seusai pengumuman dan penyerahan hadiah, pembalap disu­guhi pegelaran kesenian trafisional Mi­nangkabau, memasuki Rumah Gadang Istano Basa Pagaruyung masing-masing diberi Kain sarung, dan diatas rumah makan bajamba,” ungkap Marwan. (h/ydv)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]