Pascarusuh Di TBBM Teluk Kabung

20 Persen SPBU Kehabisan Stok


Kamis, 09 Juni 2016 - 03:43:02 WIB
20 Persen SPBU Kehabisan Stok Sejumlah anggota polisi berjaga di kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBMM) Teluk Kabung, Padang, Rabu (8/6). Penjagaan dilakukan terkait dengan adanya aksi demo dan kericuhan di lokasi tempat pengisian minyak tersebut. (RIVO SEPTI ANDRIES)

Pascarusuh di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Bungus Teluk Kabung, distribusi mulai lancar di bawah pengawalan ratusan aparat. Kendati demikian, pihak Pertamina mengklaim sempat terjadi kekosongan 20 persen dari 118 SPBU yang di Sumbar.

PADANG, HALUAN — Se­hari pascakerusuhan yang terjadi di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Te­luk Kabung, operasional TBBM sudah kembali nor­mal. Meski sempat terhenti selama lebih kurang 20 jam, namun sejak Rabu (8/6) pagi, PT Pertamina sudah mulai mendistribusikan BBM ke seluruh wilayah distribusi di Sumbar.

Di sejumlah Stasiun Pe­ngisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sumbar, dila­porkan sempat terjadi ke­kosongan BBM ka­rena kehabisan stok. Namun bisa dipastikan, kondisi tersebut tidak ber­muara pada ter­jadinya kelangkaan BBM di Sumbar, khususnya sepanjang pagi hingga malam Rabu kemarin.

Kelancaran akan terja­minnya distribusi BBM un­tuk 118 SPBU di Sumbar, terungkap ketika jajaran pimpinan PT Pertamina (Per­sero) yang dipimpin General

Manager PT Pertamina MOR I Sumatera Bagian Utara, Romulo Hutapae menemui Gubernur Sum­bar, Irwan Prayinto Rabu (8/6) pagi.

“PT Pertamina menjamin ti­dak akan ada kelangkaan Bahan Ba­kar Minyak (BBM) pasca­penyerangan sejumlah orang di depot Teluk Kabung, Padang Selasa (7/6) lalu,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menjawab wartawan usai menjamu GM PT Pertamina di gubernuran.

Dikatakan, sejak Rabu pagi, mobil tanki Pertamina yang me­nyuplay BBM ke seluruh daerah di Sumbar, sudah bisa keluar dengan adanya bantuan penga­manan dari pihak kepolisian dan TNI.

“Diyakini, tidak akan ada terjadi kelangkaan BBM di Sum­bar. Tidak hanya itu, PT. Perta­mina juga menjamin keters­ediaan stok BBM selama Ramadan hing­ga lebaran nanti,” tandas Irwan.

Terkait persoalan PT. Per­tamina dengan sejumlah masya­rakat Teluk Kabung, tempat di­mana depot Pertamina berdiri, ia mengharapkan pihak kepolisian untuk membantu dengan cara persuasif. “Pihak pertamina telah melaporkan hal ini juga kepada pihak kepolisian. Kita berharap, bisa selesai secepatnya,” harap gubernur.

General Manager Pertamina MOR I Sumbagut, Romulo Huta­pea di hadapan sejumlah war­tawan, Rabu (8/6) mengakui, bahwa 10 sampai 20 persen  SPBU di wilayah Sumbar memang kosong.

“Kejadian tersebut membuat operasional terhenti hampir sela­ma 20 jam. Selama ini pihak Pertamina selalu berinteraksi baik dengan masyarakat setempat. Namun jika melanggar dan mela­wan hukum, tentu kami akan proses secara hukum,” ucapnya.

Ia mengatakan, Pertamina tetap akan memproses secara hukum oknum masyarakat yang diduga melakukan pemukulan terhadap Operation Head (OH) Pertamina, Mukhlis Dalimunthe saat terjadinya aksi protes, Selasa (7/6) lalu. “Kita tetap akan melan­jutkan kasus pemukulan tersebut ke Polda Sumbar,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolda Sum­bar, Brigjen Pol Drs. Basarudin hingga berita ini diturunkan, masih memerintahkan jajarannya untuk bersiaga di sekitar depot untuk mengantisipasi terjadinya tindakan represif masyarakat ke pihak TBBM.

“Kami menerjunkan 323 per­sonil yang terdiri dari Sat Bri­mobda Polda Sumbar sebanyak 57 personil, Dit Sabhara 103 personil, Sabhara Polresta Padang 60 personil dan Dalmas kerangka Polresta Padang 100 personil,” ucapnya.

Menanggapi kejadian ini, anggota DPRD Sumbar meminta pengamanan objek vital negara itu perlu dilakukan secara mak­simal dan tanpa pandang bulu.

Ketua Komisi I Bidang Peme­rintahan DPRD Sumbar, Aristo Munandar, kepada Haluan Rabu (8/5) mengatakan objek vital negara itu tempat  yang menggan­tungkan hidup orang banyak, sehingga perlu dijaga dengan maksimal. Apa pun itu bentuk ancamannya perlu diminimalisir dengan aturan yang ada.

“Dalam hal ini tentu pihak pengamanan internal yang bertu­gas yang harus melakukannya. Jangan sampai ada gangguan yang nantinya dapat mengganggu hajat hidup orang banyak,”katanya melalui sambungan telepon selu­lar di Padang.

 

SPBU Kehabisan Stok

Dari laporan wartawan Haluan di sejumlah daerah di Sumbar, aktivitas SPBU sepanjang Rabu kemarin, terpantau lancar. Meski sempat terjadi kekosongan hingga beberapa saat, namun hal tersebut diakibatkan kehabisan stok BBM.

Seperti di Kabupaten Pasa­man. Sebanyak enam unit SPBU belum kehabisan pasokan BBM. Namun sebelumnya, Selasa (7/6) sore, salah satu SPBU di Pasaman, tepatnya di Kauman, Rao Selatan, memang sempat berhenti ber­operasi, akibat kehabisan stok. SPBU yang sedianya beroperasi 24 jam itu terpaksa menghentikan pelayanan.

“Selasa sore itu, kebetulan stok kita habis, karena ada keter­lambatan pengiriman. Truk tang­ki BBM dari Padang, terlambat tiba,” kata salah seorang petugas SPBU, Zul. Namun, pada tengah malam, kata dia, sebanyak dua truk tangki sudah tiba di lokas SPBU itu. “Satu tangki memasok premium dan solar, jadi aman untuk dua hari ke depan,” katanya.

Kepala Pengawas SPBU Sawah Panjang, Jon Patra mengaku mendapat informasi bahwa BBM di Sumbar berpotensi langka, karena ditutupnya operasional TBBM Taluk Kabung. “Untuk mengantisipasi kelangkaan, kami diperintahkan pimpinan untuk tidak menjual minyak kepada pembeli memakai jeriken, baik kepada masyarakat biasa maupun pengecer,” ulas Jon Patra.

Sementara di Kota Bukit­tinggi, sejumlah SPBU dilapor­kan mulai kehabisan stok perse­diaan pada Rabu (8/6), diantaranya di SPBU Gadut dan SPBU Garegeh. Sementara itu SPBU Simpang Yarsi dan SPBU By Pass Aur Kuning hingga Rabu siang terlihat masih melayani pembeli.

Salah seorang pengawas SPBU Gadut mengatakan, hingga Rabu sore, masih belum ada kepastian kapan bisa mengisi pasokan BBM di Teluk Kabung, padahal dalam sehari SPBU yang diawasinya tersebut membutuhkan stok BBM lebih kurang 26 ton. Ia menam­bahkan SPBU lainnya di Bukit­tinggi yang masih mempunyai stok hingga Rabu siang diperkirakan juga akan kehabisan BBM.

“Hingga saat ini belum ada kepastian kapan akan datangnya pasokan BBM. Semenjak jam 1 siang kita sudah kehabisan stok premium dan pertamax. Sekarang yang tersedia hanya BBM jenis solar,” imbuhnya.

Dampak tidak beroparasinya TBBM Teluk Kabung, juga dirasa­kan masyarakat Sawahlunto. Stok BBM di dua SPBU di Sawahlunto, mulai kosong sejak Rabu sore. “Hingga kini stok yang masih ada hanya Pertalite dan Bio Solar. Sedangkan untuk premium dan pertamax sudah habis,” kata Doni, Pengawas SPBU Muarokalaban Sawahlunto kepada Haluan kemarin. (h/ows/mg-adl/yud/wet/isr/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 12:42:56 WIB

    Imbas Corona, Penas Tani 2020 Batal Digelar

    Imbas Corona, Penas Tani 2020 Batal Digelar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penyelenggaraan iven besar yakni, Perhelatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2020 akhirnya diputuskan ditunda sementara waktu. Langkah ini dilakukan seiring teru.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 20:16:49 WIB

    Mahyeldi Serahkan LKPD 2019 ke BPK RI perwakilan Sumbar

    Mahyeldi Serahkan LKPD 2019 ke BPK RI perwakilan Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar di Kantor.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 16:25:16 WIB

    Hebat! Tahun 2019, Capaian PAD Kota Padang Over Target

    Hebat! Tahun 2019, Capaian PAD Kota Padang Over Target PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi mengharapkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Padang agar mendukung dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang yang.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 20:27:02 WIB

    Tahun 2019, SHU Koperasi PNS Pemko Padang Capai Rp1,8 Miliar

    Tahun 2019, SHU Koperasi PNS Pemko Padang Capai Rp1,8 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Pemerintah Kota Padang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019. Ketua KPN Pemko Padang Asnel mengatakan, agenda utama dalam RAT tersebut adalah meminta d.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 19:35:16 WIB

    Menteri PAN RB Beri Penghargaan Kepada Mahyeldi, Kinerja Terukur, Padang Raih SAKIP Award 2019

    Menteri PAN RB Beri Penghargaan Kepada Mahyeldi, Kinerja Terukur, Padang Raih SAKIP Award 2019 BATAM, HARIANHALUAN.COM - Dengan prediket nilai BB atas Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) Pemko Padang tahun 2019, Wali Kota Padang Mahyeldi menerima penghargaan Akuntabilitas Kinerj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM