Gepeng dan Anjal di Kota Solok Mulai Marak


Jumat, 10 Juni 2016 - 02:52:56 WIB
Gepeng dan Anjal di Kota Solok Mulai Marak Ilustrasi.

SOLOK, HALUAN — Ge­landangan dan pengemis (gepeng) serta anak jalanan (anjal) masih tetap mewarnai di jalan-jalan utama dalam Kota Solok. Gepeng itu se­per­tinya tidak pernah sirna dari kota lintas, kehidu­pannya sejalan dengan roda-roda yang berputar menga­rapkan belai kasihan sopir dan pemakai jalan lainnya.

Dari pantauan Haluan di lapangan, terlihat gepeng sudah hadir sejak pukul 08.00 WIB di Kota Solok, mereka mengais rizki dari belaian sopir-sopir karena mangkalnya banyak di dekat lampu pengatur lalu lintas. Ada yang tangan di bawah  dan ada juga menjual jasa melalui lagu-lagu yang disum­bangkan.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Para gepeng dan anjal itu sebenarnya sudah meng­ganggu kenyamanan di jalan raya, kadang kala aktifitasnya menghambat lalu lintas, apa­lagi kondisi jalan yang mulus dan bagus di Kota Solok, kecepatan kendaraan semau sopir. Kondisi itu sudah saatnya ditertibkan Pemerintah Kota Solok me­lalui SKPD terkait.

Kepala Dinas Ssial Te­naga Kerja Kota Solok, me­lalui Kepala Bidang Pela­yanan Rehabilitasi Sosial, Zul Akbar mengakui kalau ge­peng dan anjal sudah mere­sahkan pemakaian jaan lainnya. Gepng dan anjal itu kadang kala banyak dari luar Kota Solok dan mencari nafkah ke Kota Solok.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Untuk menertibkan Ge­peng dan Anjal itu, Dinas Ssial Tenaga Kerja tidak memiliki kekuatan hukum lagi karena sudah diambil alih Satpol PP. “Kalau dulu memang Dinas Sosial yang menertibkan di lapangan, kemudian dilakukan intero­gasi untuk mengetahui asal usulnya. Setelah diketahui asal susul baru dikirim ke keluarganya,” beber Zul Ak­bar.

Sejak adanya perubahan tugas pokok dan fungsi (tu­poksi), Dinas Ssosial Tenaga Kerja hanya melakukan pem­binaan setelah ditertibkan Satpol PP, anggaran pe­nertiban ada pada Satpol PP dan tidak lagi di Dinas Sosial, makanya Dinas Sosial Tenaga Kerja menerima hasil sweeping Satpol PP. (h/alf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]