Akan Dibangun Mall

Pemko Segera Ambil Alih Gedung UMMY


Jumat, 10 Juni 2016 - 02:54:25 WIB
Pemko Segera Ambil Alih Gedung UMMY Kampus UMMY Solok yang berada di pusat Kota Solok tidak cocok lagi untuk kegiatan proses belajar mengajar. Pemko Solok perlu membangunkan kampus baru di areal yang sudah dicadangkan. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Kampus Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok yang terletak di pusat Kota Solok, sudah perlu dipikirkan untuk memindahkan ke kawasan pinggiran Kota Solok.

Pasalnya, lokasi ini tidak cocok lagi berada di lokasi sekarang sesuai perkembangan Kota Solok yang kian maju.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

Keterangan yang dihimpun Haluan dari berbagai pihak menyebutkan, keberadaan kam­pus UMMY Solok di Jalan Jendral Sudirman pusat Kota Solok tidak lagi cocok sesuai perkembangan Kota Solok. Berbagai fasilitas di kawasan pusat Kota Solok sudah tum­buh dengan baik, termasuk jalan utama sudah diperlebar. Idialnya kawasan itu untuk jasa dan perdagangan.

Jika dilihat sejarah sebe­lumnya, pembangunan kam­pus UMMY Solok yang me­man­faatkan eks tanah Sekolah Pendidikan Guru (SPG) ber­syarat. Awalnya ada aksi demo mahasiswa tahun 1992 silam yang menuntut yayasan men­dirikan kampus permanen. Karena tingginya desakan ma­hasiswa, Walikota Solok waktu itu Matsudin Anang dan Ketua DPRD Nurmadias Abbas(ke 2 sudah almarhum) memin­jam­kan tanah eks SPG untuk pem­bangunan kampus.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

Namun dengan catatan, jika suatu saat Kota Solok makin maju dan berkembang, kampus UMMY diserahkan kembali ke Pemda Kota Solok, dan Pemda Kota Solok membangunkan kampus baru (roeslagh) karena kawasan jalan jendral Sudirman itu diperuntukan untuk sektor jasa dan perdagangan.

“Ya benar. Ada perjanjian dulunya sebelum pem­bangunan kampus UMMY di pusat Kota Solok. Perjanjian itu jika Pem­ko Solok mem­butuhkan untuk pembangunan fasilitas jasa dan perdagangan siap diserahkan dengan roeslagh,” jelas M Dt ganjie tokoh masyarakat dan ninik mamak Kelurahan Nan Balimo pada Haluan.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Lantaran berada di pusat Kota Solok, pembangunan kampus UMMY didesain ala mall. Sebelum dibangun, ma­ketnya dikonfirmasi ke Pemko Solok, setelah disetujuai seperti mall baru dibangun. “Ini di­maksudkan jika suatu saat Pemda Kota Solok ingin mem­bangun moll, tinggal tukar guliang saja antara UMMY dan Pemko Solok, sekarang ba­ngunan kampus UMMY me­mang seperti mall,” beber penghulu suku Nan Balimo itu.

Sumber lain di kampus UMMY Solok kepada Haluan juga mengakui tentang pemin­jaman tanah eks SPG itu ke Pemda Kota Solok untuk pem­bangunan kampus UMMY Solok.

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

“Saya ikut menyaksikan Ketua DPRD Nurmadias Ab­bas dan Walikota Solok Mat­sudin Anang (almarhum) me­nyerahkan tanah itu pada Ketua Yayasan Prof Muhammad Ya­min tahun 90-an. “Waktu itu dijabat Noer Bahri Pamuncak,” katanya.

Melihat kemajuan Kota Solok, kampus UMMY tidak cocok lagi di pusat kota, selain Proses Belajar Mengajar yang tidak nyaman karena hiruk pikuk kendaraan juga perun­tukan tanah untuk jasa dan perdagangan sesuai tahun 90-an itu.

Bahkan untuk pemba­ngunan kampus sudah ada lahan 10 hektarE di kawasan jalan lingkar utara Kota Solok.  Lahan untuk kampus UMMY sudah dibebaskan sejak dulu. Jika kampus UM­MY Solok itu dijadikan mall, maka bisa mendongkrak Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Kota Solok.

Ketua Yayasan Prof Mu­hammad Yamin, Novirman Jamarun, yang ditanya Haluan melalui telepon genggamnya mempersilahkan saja Peme­rintah Kota Solok mengambil alih bangunan melalui roeslah, UMMY Solok siap pindah ke lokasi baru asalkan Pemko Solok membangunkan kampus baru. (h/alf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]