Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham


Jumat, 10 Juni 2016 - 03:01:25 WIB
Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham Pemkab Pasaman, unsur Muspida, ormas dan forum-forum yang ada di Pasaman salam komando usai menandatangani pernyataan sikap bersama. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pa­saman, implementasikan Ren­cana Aksi Nasional Hak Asasi Ma­nusia (Ranham) dalam me­laksanakan prog­ram dan ke­giatannya.

 “Hal tersebut dapat terli­hat pada kegiatan kita diins­tansi ini, seperti Peningkatan pemberantasan penyakit ma­syarakat, Peningkatan wawa­san kebangsaan dan pening­katan keamanan dan kenya­manan lingkungan,” ujar Kepala Kan­tor Kesbangpol Pasaman, Alim Bazar.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Menurutnya, kewajiban Pemerintah Daerah ber­tang­gung jawab menghormati, melindungi, menegakkan dan memajukan Hak Asasi Ma­nusia (HAM).

Itu kata dia, meliputi lang­kah impelementasi yang efektif dalam bidang hukum, politik, ekonomi, sosial dan budaya, pertahanan kea­ma­nan negara dan bidang lain­nya.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Lebih jauh ia menga­takan, langkah-langkah kong­krit yang telah diambil Kes­bangpol Pasa­man dalam me­ng­imp­lemen­tasikan Ranham secara nyata di daerah itu, seperti melakukan pertemuan dengan forum-forum yang ada di Pasaman.

“Hasil dari pertemuan da­ngan forum dan lintas tokoh di Pasaman ini adalah ter­ben­tuknya suatu persamaan per­sepsi dan melahirkan pernya­taan sikap yang berkaitan dengan Ranham tersebut,” terangnya.

Hal ini, katanya, bertu­juan untuk tidak melakukan pro­vokasi masa maupun tin­dakan anarkis dalam bentuk apappun yang dapat meng­ganggu to­leransi antara dan inter umat beragama di wila­yah Ka­bu­paten Pasa­man.

“Kita juga akan meng­e­depankan musyawarah dan mufakat dalam menyele­saikan permasalahan social, gangguan keamanan, keten­traman dan ketertiban serta permasalahan yang berkaitan dengan isu Sara (Suku, Aga­ma, Ras dan Antar Golo­ngan), karena Kabupaten Pasaman ini terdapat ke­bera­gaman Sara tersebut,” tukas Alim Bazar.

Ia menambahkan, untuk melindungi kaum perempuan dan anak, pihaknya juga telah melakukan persamaan per­sep­si untuk mengutuk segala bentuk kejahatan dan ke­kerasan kema­nuasiaan mau­pun kekerasan seksual.

“Itu baik terhadap anak maupun perempuan yang bera­kibat pada hilangnya nyawa, cacat fisik, trauma psikis dan pemiskinan secara ekonomi dan juga termasuk untuk tidak mentolerir pere­daran dan pe­nyalahgunaan narkoba di ranah Pasaman,” katanya.

Yang tak kalah pen­ting­nya, Alim Bazar mengatakan, untuk menjaga keutuhan NKRI, Pem­kab Pasaman juga sudah me­nyatakan sikap untuk menolak ideology yang bertentangan dengan ideo­logy dan dasar Negara NKRI yaitu Pancasila dan UUD 1945. (h/yud/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]