Imbas Cuaca Buruk

Nelayan Terpaksa Tak Melaut


Jumat, 10 Juni 2016 - 03:30:04 WIB

PADANG, HALUAN — Cu­aca  yang tidak membaik be­berapa hari ini di Kota Padang sangat berdampak buruk bagi masyarakat, ter­utama untuk nelayan yang kesehariannya  mencari biaya hidup di tengah- tengah laut.

Badai kencang, ombak yang besar salah satu faktor utama yang menjadi halangan terbesar bagi nelayan untuk berada di lautan, karena dengan kondisi cuaca ekstrem tersebut bisa merenggut nyawa mereka sendiri.

Berdasarkan pantauan Ha­luan, Kamis (9/6) di Pantai Purus Padang, belasan perahu-perahu nelayan terpaksa harus parkir di tepi pantai.

Jika mereka memaksakan diri juga untuk melaut ini akan berdampak buruk lebih besar lagi untuk dirinya.

Adi, salah seorang nelayan mengatakan, terpaksa tidak ikut melaut beberapa hari ini. Mulai awal puasa perahunya terpaksa parkir di tepi pantai.

"Lebih baik berhenti me­laut dulu, karena kami masih takut akan menganasnya om­bak yang sudah terjadi dari awal puasa ini," ungkapnya.

Namun demikian masih ada beberapa nelayan yang masih memaksakan diri ke tengah-tengah laut untuk men­cari ikan. Tidak menutup ke­mung­kinan mereka terpaksa melakukan itu untuk meme­nuhi kebutuhan sehari- hari.

Padahal untuk menepikan perahu saja mereka sangat kesulitan. Ombak besar terus membawa perahu nelayan ber­putar-putar di tengah laut. Membutuhkan tenaga yang banyak untuk sekedar mem­bawa perahu ketepi.

"Kira-kira mulai awal puasa ombak di Pantai Purus ini sudah menggenaskan, apalagi sekitar pukul 10.00 WIB se­malam ombak mencapai ruas jalan, dan mengakibatkan pe­rahu- perahu yang berada di tepi pantai terseret ke ruas jalan raya," tutur Eti, salah seorang warga Pantai Purus.

Pihak kepolisian juga sem­pat menutup sementara akses jalan wisata pantai purus ter­sebut, sampai keadaan jalan benar- benar kondusif (h/mg-ina)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 September 2018 - 21:59:21 WIB

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat mengapresiasi langkah kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Tenik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) membantu pemasangan solar sell di.
  • Ahad, 29 Juli 2018 - 12:22:17 WIB

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak PADANG,HARIANHALUAN.COM-Nelayan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, menerima 16 biduak (sampan) untuk dua kelompok nelayan, Ahad (29/7)..
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:43:23 WIB

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar sosialisasi keselamatan kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut wilayah kerja.
  • Rabu, 03 Mei 2017 - 01:45:09 WIB

    Nelayan Yang Hanyut di Pulau Pisang Belum Ditemukan

    PADANG, HALUAN - Sudah tiga hari Afrizal (48), warga kawasan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat dinyatakan hilang saat akan pulang usai memancing di kawasan Pulau Pisang Gadang, Kecamatan Padang Selatan..
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 12:55:28 WIB

    Nelayan Padang Takut Melaut

    Nelayan Padang Takut Melaut PADANG,HALUAN — Nelayan Sumbar mengeluh lagi. Aturan terkait tonase kapal di atas 30 GT ternyata belum sepenuhnya berpihak ke nelayan sehingga mereka takut melaut. Terkait perizinan untuk melaut, mereka merasa hal itu membe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM