PKS Geram Fahri Masih Jadi Wakil Ketua DPR


Sabtu, 11 Juni 2016 - 03:39:49 WIB
PKS Geram Fahri Masih  Jadi Wakil Ketua DPR

JAKARTA, HALUAN — Ledia Hanifa Amalia resmi dicopot dari jabatannya seba­gai wakil ketua komisi VIII DPR. Pergantian tersebut diresmikan oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Se­ha­rusnya, pergantian ini dires­mi­kan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang mem­bidangi Kesra.

PKS rupanya masih ge­ram karena Fahri Hamzah belum dicopot dari jaba­tan­nya sebagai wakil ketua DPR. “Pergantian itu hak fraksi. Harusnya tidak ada masalah karena pergantian tidak ter­kait pemecatan. Perputaran itu kan hak. Itu menjadi hak fraksi. Hak partai melalui fraksi untuk memutar ang­gotanya,” kata Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf saat dihubungi, Jumat (10/6).

Wakil ketua komisi II DPR tersebut me­ngung­kap­kan, seharusnya proses per­gantian alat kelengkapan dewan tak memakan waktu lama. Semisal saat Ade Ko­marudin menggantikan Setya Novanto sebagai ketua DPR.

“Pergantian pimpinan ko­misi juga lancar. Harusnya Bu Ledia dengan Fahri juga lancar saja karena hak fraksi. Pim­pinan harusnya cukup men­dengar suara fraksi saja. Itu kewenangan fraksi,” tut­ur­nya.

“Pergantian anggota itu di pengadilan. Tapi pergantian pim­pinan itu wilayah ke­wenangan fraksi,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Ledia harusnya menjadi wakil ketua DPR menggantikan Fahri. Namun karena Fahri masih dalam proses perlawanan hukum ke elite PKS, maka dia masih belum bisa dileng­serkan. Ledia saat ini menjadi anggota komisi VIII DPR.

“Terus saya mesti nga­muk-ngamuk emang? Eng­gaklah, kita tunggu saja pro­sesnya. Kan nanti ada pemb­icaraan-pembicaraan di pim­pinan. Ya tunggu saja pro­sesnya. Itu kan sebetulnya proses itu tinggal kita me­nunggu pimpinan DPR-nya kan,” tutur Ketua DPP PKS Ledia Hanifa Amalia.

Ledia mengakui jika par­tainya melalui fraksi di DPR getol meminta agar pim­pinan DPR segera mengganti Fahri. Selama proses hukum, Fahri hanya bisa menjadi anggota de­wan saja. Sebab kewe­nangan meletakkan sese­orang di alat keleng­kapan dewan ada di tangan fraksi.

“Begini yang saya pa­hami, bahwa kalau jabatan di manapun juga, apakah itu di komisi atau tempat lain, itu memang kewenangannya fraksi. Bahwa kemudian ada proses selanjutnya ya dise­rahkan ke pimpinan DPR,” ujarnya. (h/mdk)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 19:33:03 WIB

    Gelora Gerogoti Jaringan PKS? Ini Kata Anis Matta

    Gelora Gerogoti Jaringan PKS? Ini Kata Anis Matta HARIANHALUAN.COM - Mantan Presiden PKS Anis Matta kini memimpin Partai Gelombang Rakyat (Gelora). Benarkah Partai Gelora yang banyak disebut sebagai pecahan PKS menggerogoti jaringan PKS seperti isu yang berkembang?.
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:44:28 WIB

    PKS Minta DPR Cabut RUU HIP dari Prolegnas Segera

    PKS Minta DPR Cabut RUU HIP dari Prolegnas Segera HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto meminta DPR pada masa persidangan ke-5 yang akan datang menjadwalkan pembahasan pencabutan RUU HIP yang merupakan RUU inisiatif DPR dari Prolegnas 2019-2024. Ada 2 al.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 16:21:00 WIB

    Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, PKS Tegaskan Konsisten Oposisi

    Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet, PKS Tegaskan Konsisten Oposisi HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mempersilakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi merombak susunan kabinet alias reshuffle. Menurut Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif or.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 14:19:32 WIB

    Politikus PKS Sebut Presiden Tidak Boleh Mengeluh Apalagi Curhat

    Politikus PKS Sebut Presiden Tidak Boleh Mengeluh Apalagi Curhat HARIANHALUAN.COM - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta Presiden Joko Widodo memastikan perintahnya dilaksanakan oleh para menteri, bukan hanya marah-marah seakan pencitraan. Setelah 10 hari berl.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:45:50 WIB

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024

    PKS Belum Yakin Prabowo Sukses Jika Jadi Capres 2024 HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut memberikan komentar terhadap hasil survei yang digelar oleh Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang menyebut menyebut Prabowo Subianto masih berpeluang besar m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]